PENDAMPINGAN TELEKONFERENSI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS BERSAMA JARINGAN 1000 GURU

Triyoga Dharma Utami, Seful Bahri

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan memberdayakan potensi sumber daya SMAN 12 Semarang dengan memanfaatkan fasilitas jaringan internet untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. Sebagai satu-satunya SMA negeri di Kecamatan Gunungpati, SMAN 12 Semarang dapat menjadi contoh sekolah dengan kategori berlokasi di daerah pinggiran, yang relatif masih terkendala oleh akses. Perkembangan teknologi sekiranya mampu menjadi solusi untuk meminimalisir kendala tersebut untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelas. Dalam upaya memanfaatkan fasilitas internet untuk kegiatan pembelajaran, gerakan nirlaba Jaringan 1000 Guru mencoba untuk menyiasati pemanfaatan internet melalui jejaringan sekolah di tanah air. 1000 Guru terdiri dari putra-putri bangsa yang tengah melanjutkan pendidikan dan bekerja sebagai peneliti di negara-negara maju yang siap berperan sebagai guru relawan/wati melalui telekonferensi. Cara yang ditempuh dalam kegiatan Pengabdian ini adalah mengkoordinasi pihak SMAN 12 (Kepala Sekolah, guru bidang TIK dan guru-guru pengampu bidang studi) dengan pihak 1000 Guru. Prosedur teknis telekonferensi memanfaatkan fasilitas video-conference yang tersedia di internet, yakni Yahoo Messenger, Skype dan Teamviewer, serta projektor LCD dan pelantang suara. Dalam lima bulan masa pengabdian, tiga telekonferensi berhasil diselenggarakan. Sebagai sebuah kegiatan berjejaring dan nirlaba, diharapkan kegiatan telekonferensi antara SMAN 12 dan 1000 Guru tetap berlanjut. Antusiasme siswa dan siswi dalam mengikuti kegiatan telekonferensi ini sangat positif.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.