Pelatihan Bijak Bermedia Sosial sebagai Upaya Pendidikan Karakter pada Remaja

Haifa Firyal Iswanto(1), Risna Anggraeni(2), Reny Kartikasari(3), Aida Tika Biluthfil Bahij(4), Sri Kadarwati(5),


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Di era teknologi yang berkembang pesat, bermain media sosial menjadi rutinitas bagi masyarakat khususnya para remaja. Remaja dapat menunjukkan eksistensi diri mereka melalui media sosial dengan berbagai unggahan. Namun, media sosial juga memiliki dampak bagi penggunanya baik dampak positif maupun negatif. Dampak Positif dari bermedia sosial dapat menambah wawasan dan bertemu dengan banyak orang. Namun dibalik itu terdapat dampak negatif mengenai penyalahgunaan penggunaan media sosial. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja dampak yang ada dalam media sosial dan seberapa pentingkah media sosial bagi pendidikan karakter serta seberapa pentingkah diadakannya pelatihan yang berjudul “Bijak Bermedia Sosial bagi Remaja”. Menggunakan metode pelatihan secara virtual yang kemudian dievaluasi dengan membagikan kuesioner untuk mengambil data-data yang kami butuhkan dari para remaja yang sesuai dengan kriteria penelitian kami. Hasil  yang diperoleh yaitu intensitas pemakaian media sosial yang berlebihan dapat menurunkan kemampuan interaksi sosial remaja. Oleh karena itu, menurut para remaja, perlu adanya pelatihan bijak bermedia sosial agar mereka dapat menggunakan media sosial dengan lebih baik.

Keywords

media sosial, remaja, dampak media sosial, pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References

Ardi, Z., & Putri, S. A. (2020). The Analysis of the Social Media Impact on the Millennial Generation Behavior and Social Interactions. Southeast Asian Journal of Technology and Science, 1(2), 70–77. https://doi.org/10.29210/81065100

Doni, F. R. (2017). Perilaku Penggunaan Media pada Kalangan Remaja. Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 15–23.

Fajriani, S. W., Sekarningrum, B., & Sulaeman, M. (2021). Cyberspace: Dampak Penyimpangan Perilaku Komunikasi Remaja. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi), 23(1), 63–78.

Gelgel, N. (2017). Pengenalan Beretika Komunikasi dalam Sosial Media di Kalangan Remaja. Buletin Udayana Mengabdi, 16 (3) , 219-224. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/36886

Koni, S. M. (2016). Pengaruh Jejaring Sosial terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 37–43.

Nuñez-Rola, C., & Ruta-Canayong, N. J. (2019). Social Media Influences to Teenagers. International Journal of Research Science & Management, 6(6), 38–48. https://doi.org/10.5281/zenodo.3260717

Pratama, B. A. (2019). Korelasi Penggunaan Media Sosial terhadap Sikap Antisosial pada Remaja Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sukoharjo. Indonesian Journal On Medical Science, 6(2), 9–17. https://ejournal.ijmsbm.org/index.php/ijms/article/download/180/178

Pratama, B. A., & Sari, D. S. (2020). Dampak Sosial Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Kesehatan Mental berupa Sikap Apatis di SMP Kabupaten Sukohajo. GASTER, 18(1). https://doi.org/10.30787/gaster.v18i1.487

Ramadani, R. F., Setiawati, & Natsir, M. (2020). Cerdas dan Bijak Memanfaatkan Internet melalui Komunitas Belajar. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(1), 50–64.

Rizkyta, D. P., & Fardana, N. A. (2017). Hubungan Antara Persepsi Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dan Kematangan Emosi Pada Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 8, 10–20.

Setiawan, F., Taufiq, W., Puji Lestari, A., Irna Sari, L., & Ardianti Restianty, R. (2021). Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Kenakalan Remaja. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 62–71. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i1.228

Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Kalangan Remaja. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18 (2), 257–262. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala%0APengaruh

Wijaya, H., & Tulak, H. (2019, April 2). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Media Sosial. https://doi.org/10.31219/osf.io/g68fs

Wulandari, B. A., Anastasia, I., Ridha, A., Mardiah, R., & Adrefiza. (2020). Cerdas Dan Bijak Menggunakan Media Sosial Di Era Digital Literasi Dan Informasi Kepada Siswa Kelas IX SMP N 7 Muaro Jambi. 4 (3), 522–530.

Galuh Putri Riyanto. “Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 202 Juta”. Kompas, https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta. Diakses pada 7 Oktober 2021.

Indrianti Azhar, dkk. 2018. Interaksi Virtual Remaja Di Media Sosial. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6, No 1. Diunduh dari garuda.ristekbrin.go.id pada 7 Oktober 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License