Pendampingan Tutor dengan Model Icare untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran

Tri Suminar(1), Mintarsih Arbarini(2), Imam Shofwan(3), Novi Setyawan(4),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) 

Abstract

Kegiatan pendampingan bagi tutor (pendidik) merupakan kegiatan tindak lanjut dari program pelatihan, yang sangat diperlukan  bagi tutor  agar mereka mampu menerapkan apa yang telah dipelajari selama pelatihan ke dalam tugas mengelola pembelajaran yang  nyata di kelas. Hal ini disebabkan tutor acapkali mengalami kendala sikap kurang percaya diri,  takut salah dan kurang kreatif menghadapi peserta didik pada kelas yang real dan terbatasnya pengalaman kerja..  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pendampingan bagi tutor pada PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dalam bentuk bimbingan teknis dengan model ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) berdasarkan identifikasi masalah kelemahan tutor yakni merancang perangkat lembar kerja yang baik. Penerapan pendampingan dengan model ICARE dapat memberikan peluang tutor untuk mengetahui kelemahan atau masalahnya, menemukan ide-ide perbaikan, mencobakan ide baru untuk memecahkan masalahnya dan mengembangkannya yang lebih baik. Kegiatan pengabdian dalam bentuk pendampingan tutor dengan model ICARE merupakan alat pemberdayaan dan pengembangan personal tutor yang sangat efektif membantu tutor memecahkan masalah mempraktekkan atau mentransfer pengalaman belajar  baru  yang diperoleh selama mengikuti pelatihan ke dalam praktek kinerja mengelola pembelajaran yang sesuai dengan kharakteristik kemampuan peserta didik, sesuai dengan visi, misi dan tujuan program lembaga. Hasil akhirnya tercapai pembelajaran yang bermutu, perbaikan kinerja tutor menuju profesional pada satuan pendidikan luar sekolah yang dikelola PKBM.

Keywords

model ICARE, pendampingan tutor, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License