Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Platform Animaker.com bagi Pendidik PAUD Nonformal di Kota Semarang

Bagus Kisworo(1), Amin Yusuf(2), Liliek Desmawaty(3), Imam Shofwan(4), Zulaikhah Rita Kusumatuti(5), Amalia Balqis Oktiva Sakti(6), Rana Indah Setiawati(7),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang
(6) PLS FIP UNNES
(7) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan pendidikan dan pelatihan pengembangan media pembelajaran video animasi platform animaker.com bagi pendidik paud nonformal di kota semarang adalah, meningkatkan kompetensi guru agar terampil dalam membuat media pembelajaran berbentuk animasi video pembelajaran, guna mewujudkan pembelajaran bagi pendidikan anak usia dini yang menarik dan araktif. Langkah-langkah dalam melaksanakan program pengabdian dimulai dengan Tahap Persiapan Penyusunan proposal penyelenggara melakukannya berdasarkan analisis masalah dan kebutuhan pendidik, serta mengunakan refesensi-referensi yang up to date berkaitan dengan pngembangan media pembelajaran. Proses pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran mulai dari teori dan praktek berlangsung selama 4 bulan. Metode yang digunakan Metode kaji tindak, dilakukan dengan menyusun perencanaan kegiatan pelatihan intensif, dimplementasikan, dipantau dan dievaluasi, tindak lanjut implementasi dan perbaikan kegiatan, metode pelatihan dengan ceramah, tanya jawab, pemberian motivasi, penugasan, curah pendapat, dan metode pembelajaran yang digunakan dalam pelatihan untuk membentuk karakter guru yang kompeten dalam bidang teknologi menggunakan pendekatan andragogi dimana metode ini khusus digunakan untuk orang dewasa. Hasil yang dicapai dalam pelatihan  Memberikan pembelajaran, pelatihan dan pendampingan terhadap guru PAUD nonformal untuk memproduksi media pembelajaran yang berupa video pembelajaran animasi, keterampilan yang yang dihasilkan diantaranya 1) Guru PAUD nonformal mampu membuat tulisan animasi untuk media pembelajaran dan mixing gambar dan audionya.2) Guru PAUD nonformal mampu membuat berbagai gerakan aset gambar yang ada di aplikasi animaker.com untuk media pembelajaran 3) Adanya peningkatan kualitas mixing audio dan mastering video yang menggunakan aset gambar dan tulisan yang disediakan oleh animaker.com 4) Peningkatan literasi digital para guru PAUD nonformal di kota semarang terutama dalam memanfaatkan beberapa aplikasi pembuatan media pembelajaran yang ada di internet, seperti Doodley, dan Toonley

Keywords

Pelatihan, media pembelajaran, animaker.com

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License