Peningkatan Kualitas Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Informasi Bagi Guru Ekonomi Kecamatan Parakan

Fahrur Rozi(1), Tusyanah Tusyanah(2), Lita Citra Dewi(3), Fransisca Rahcmawati Indira(4), Edy Suryanto(5),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh memiliki tantangan tersendiri. Dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran jarak jauh banyak hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya strategi pembelajaran, metode, model, sampai pada ketersediaan fasilitas yang menunjang dalam melakukan pembelajaran online atau daring tersebut. Pengabdian ini difokuskan untuk penggunaan aplikasi syncron berupa peningkatan ketrampilan Zoom Meeting/ Google Meet untuk pengajaran online, selanjutnya penggunaan Google Form untuk pelaksanaan tes dan presensi, sampai pada embuatan video pembelajaran berbasis Aplikasi Kinemaster/ Power Director. Metode ceramah untuk mempermudah pemahaman konsep serta metode demonstrasi untuk agar dapat meningkatkan keterampilan. Peserta pengabdian adalah guru ekonomi, guru kewirausahaan dan guru pemasaran dari 4 SMA/ SMK/MA di Kecamatan Parakan Temanggung dengan total peserta menjadi 20 peserta. Pengabdian akan dibagi 2 tahap yaitu pelatihan dan pendampingan pelaksanaan. Evaluasi dilakukan setiap akhir tahapan kegiatan pengabdian Tolak ukur keberhasilan kegiatan ini dapat dilihat dari aspek kualitatif dan kuantitatif berikut ini: (1) Semua tahapan kegiatan pengabdian dapat terlaksana dengan baik (2) Pernyataan kepuasan dari peserta dan pihak-pihak yang terkait terhadap keseluruhan rangkaian kegiatan pengabdian, (3) ebesar 80% peserta yang diundang bisa hadir dalam setiap kegiatan pengabdian, (4) Minimal 50% dari peserta kegiatan pengabdian dapat melaksanakan strategi pengajaran online untuk melaksanakan pembelajaran di masa pandemik dan seterusnya.

Keywords

Guru Ekonomi, Pembelajaran Online, Strategi Pengajaran Online.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License