Peningkatan Digitalisasi UMKM Desa Sumber Pasca Pandemi Covid-19

Ain Hajawiyah(1), Bintang Hidayat(2), Afifah Widyastuti(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Digitalisasi UMKM sebagai suatu keharusan pemerintah Indonesia untuk membangkitkan kembali keadaan perekonomian Indonesia, karena di masa pandemi ini sektor UMKM mengalami penurunan dalam penjualan dan kesulitan dalam mendapatkan pasar yang stabil. Meskipun gaya hidup serba digital sudah terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, tetap saja mayoritas pelaku UMKM di Desa Sumber yang acuh dan tidak mau melek digital, serta masih terbiasa menjalankan bisnis secara konvensional. Padahal, dengan upaya digitalisasi UMKM, banyak keuntungan yang akan didapat oleh pelaku usaha di Desa Sumber. Metode pelaksanaan yang dilaksanakan adalah dengan cara memberikan sosialisasi dan pelatihan produk lokal Desa Sumber  dengan memanfaatkan teknologi di era digitalisasi. Tujuan diadakannya sosialisasi serta pelatihan ini, agar target yang dituju dalam hal ini pelaku usaha di Desa Sumber dapat mengenali banyaknya potensi kewirausahaan desa dan penyediaan media berbasis digital yang mampu memasarkan produk hasil wirausaha yang mereka produksi.

Keywords

Covid-19; Digitalisasi; Sosialisasi; UMK

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License