ENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS CMS DAN SEO UNTUK TOKO ON-LINE UMKM

Felix Andreas Sutanto, Aji Supriyanto, Purwatiningtyas Purwatiningtyas

Abstract


Abstrak. IbM ini bertujuan membuat pruduk software framework aplikasie-commerce untuk toko on-line UMKM khususnya handicraft, kuliner, batik danpakaian dengan berbasis sistem manajemen isi (Content Management System/CMS) dan optimisasi mesin pencari (Search Engine Optimization/SEO). Produk tersebut nantinya dipergunakan oleh mitra yang merupakan calon wirausaha baru di bidang teknologi informasi (TI). Untuk dapat menerapkan produk tersebutpada usahanya, dan mampu membuat sendiri, mengoperasikan, mengembangkan,dan memelihara maka perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan tentangframework aplikasi, manajemen usaha, dan kewirausahaan. Metode yangdigunakan dalam IbM ini adalah kaji tindak partisipatif. Pelaksanannya yaitudengan melakukan identifikasi dan analisis situasi tentang permasalahan yangdihadapi mitra, selanjutnya memberikan solusi berupa pelatihan, pendampingan,dan pembuatan teknologi Software framework E-commerce berbasis CMS danSEO yang melibatkan mitra serta dilakukan monitoring dan evaluasi agar mitramenjadi terarah, terampil dan profesioanal di bidang tersebut. Target IbM iniadalah terbentuknya wirausaha baru bidang TI khususnya E-commerce bagiUMKM yang terlatih, terapil, dan profesional dalam menjalankan usahanya.Sehinga Luaran dari IbM ini adalah berupa Produk Software FrameworkE-commerce bagi UMKM berbasis CMS dan SEO, jasa pelatihan Desain webE-commerce, jasa pelatihan manajemen usaha, dan jasa pelatihan kewirausahaan.


Kata Kunci : Framework, E-commerce, CMS, SEO, wirausaha, UMKM


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.