PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU MI ROUDLOTUL HUDA GUNUNGPATI SEMARANG

Putriaji Hendikawati(1), Nuriana Rachmani DN(2), Bambang Eko Susilo(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan dapat tercapai dengan baik jika guru dapat mengidentifikasi dengan baik permasalahan yang terjadi di kelasnya untuk kemudian dicarikan jalan penyelesaiannya. Pelaksanaan identifikasi permasalahan dan penyelesaiannya ini dapat dilakukan pada penelitian tindakan kelas. Pendampingan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas bagi guru MI Roudlotul Huda Gunungpati Semarang dimaksudkan agar guru dapat mengidentifikasi dengan baik masalah yang terjadi dalam pembelajaran, serta memilih dan melaksanakan strategi penyelesaian masalah yang dihadapi kemudian menyusunnya dalam sebuah proposal penelitian tindakan kelas sehingga peningkatan mutu pendidikan dapat tercapai.

Keywords

PTK; Publikasi ilmiah

Full Text:

PDF

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hardjodipuro, Siswoyo. 1997. Action Research Sintesis Teoritik. Jakarta: IKIP Jakarta.

Susetyo, Budi. 2005. Contoh Proposal PTK. Makalah disampaikan pada Diklat Teknis Penelitian Tindakan Kelas Guru PLB. Direktorat Pendidikan Luar Biasa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License