PENGEMBANGAN SENTRA INDUSTRI BATU BATA DI KABUPATEN BANGKALAN DENGAN PENDEKATAN DIVERSIFIKASI DAN INOVASI PRODUK

Sri Wilujeng(1), Fauzan Fauzan(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Sentra usaha pembuatan batu bata di Desa Banyubunih dan Deleman Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun mempunyai permasalahan dalam mengembangkannya salah satunya adalah produk yang dihasilkan masih monoton dan kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan jumlah dan kualitas produksi,peningkatan kemampuan ketrampilan kelompok usaha dalam membuat produk batu bata yang beraneka bentuk, meningkatkan daya saing produk batu bata melalui diversifikasi dan inovasi produk. Hasil penelitian ini menunjukkan masyarakat sangat tertarik dan termotivasi mengembangkan usahanya dengan pendekatan diversifikasi dan inovasi produk dengan cara mengikuti pelatihan dan pendampingan pembuatan batu bata aneka bentuk. Alih tekhnologi yang diberikan dan dilatihkan berupa alat cetak batu bata inovatif dengan harapan mampu meningkatkan kwalitas dan daya saing produk yang dihasilkan.

Keywords

Sentra Usaha; Diversifikasi; Inovasi Produk

Full Text:

PDF

References

Alma, Buchori. 2000. Kewirausahaan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Blakely, E.J. 1989. Planning Local Economic Development: Theory and Practice. Second Edition. London: Sage Publication.

Carey, M.A. 1994. The group effect infocus groups: planning, implementing, and interpretingfocus group research. In Critical Issues inQualitative Research Methods(Morse J.M., ed.).Sage: Thousand Oaks, 225-241.

Cooper, J.R.1998. A Multidimensional Approach to the Adoption of Innovation. Management Decision, 36(8): 493-502.

Damanpour, F. 1991. Organizational Innovation: A Meta Analysis of Effect of Determinants and Moderators. Academy of Management Journal, 34(3): 555-590.

Diota Prameswari Vijaya, Dewa Kadek Darmada. 2014. Strategi Pengembangan Industri Kerajinan Bokor Aluminium Di Desa Menyali Kabupaten Buleleng Bali. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika JINAH Volume 4 Nomor 1, Singaraja, Desember 2014, ISSN 2089-3310.

Dirjen Pendidikan Nonformal dan Informal, 2010.

Hadiati, Sri, 2008, Perilaku Wirausaha Industri Keramik Berskala Kecil untuk Meningkatkan Daya Saing Produk di Malang, Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.10, No. 2, September 2008: 115-123.

Hurley, R. & Hult, G.T. 1998. Innovation, Market Orientation and Organizational Learning: An Integration and Empirical Exmination. Journal of Marketing, 62(3): 42-54.

Lucius Hermawan. 2015. Strategi Diversifikasi Produk Pangan Olahan Tahu Khas Kota Kediri.Jurnal JIBEKA. Volume 9 Nomor 2 Agustus 2015.

Lukas, B.A & Ferrel, O.C. 2000. The Effect of Market Orientation on Product Innovation. Journal of Academy of Marketing Science, 28(2): 239-247.

Munandar, Aries. 2012. http://www.uinmalang.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2883:%20peran-ukm-dalam-pertumbuhanekonomi-bangsa&catid=35: artikeldosen&Itemid=210.Kamis, 7 Maret 2013

Rida Rahim,Tafdil Husni,Yanti. 2014.

Pengembangan Model Sentra Industri Kreatif Motif Kerajinan Minang Melalui Adaptability IKM, Inovasi, Kewirausahaandan Keunggulan Kompetitif. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis Volume 3, Nomor 2, September 2014. Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Rita Indah Mustikowati, Irma Tyasari.2014.

Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada UKM Sentra Kabupaten Malang). Jurnal Modernisasi, Volume 10, Nomor 1, Februari 2014. Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi pertama, Graha Ilmu. Yogyakarta.

Quinn, J.B., Baruch, J. & Zien, K. A. 1996. Software-based innovation. SloanManagement Review, 37(4): 1124.

Sujadi, Edi Priyono, Fereshti N.D. 2008. Membangun Sinergi Bagi Pengembangan Produk UKM Berbasis Ekspor Di Klaster UKM, Serenan, Klaten.Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Solo.

Suryana, 2003. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Edisi Revisi, Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu, 2011. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses, Jakarta: Penerbit Kencana, Prenada Media Group

Wijatno,S. 2009. Pengantar Entrepreneurship, Jakarta: PT Gramedia Widiarsarana

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License