EDUKASI FENOMENA AMBLESAN-INTRUSI AIR LAUT DAN PENANGGULANGANNYA DI SEMARANG UTARA

Supriyadi Supriyadi, Khumaedi Khumaedi

Abstract


Telah dilaksanakan kegiatan kepada masyarakat berupa edukasi fenomena amblesan intrusi air laut dan penanggulangannya di Semarang utara. Latar belakang kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai fenomena amblesan intrusi air laut dan upaya yang dilakukan untuk menanggulangi fenomena tersebut. Fenomena amblesan intrusi air laut ini diakibatkan pengambilan air tanah yang berlebihan sehingga lapisan tanah menjadi turun serta naiknya muka air laut yang dapat menyebaban air tanah terkontaminasi air laut sehingga menjadi air payau. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat melalui kegiatan memberikan pemahaman terhadap masyarakat dalam bentuk pengenalan materi, diskusi dan pelatihan tentang cara-cara mngetasi amblesan dan intrusi air laut. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pada umumnya masyarakat mengenal fenomena amblesan dan intrusi air laut hanya sebatas pengalaman sehari-hari dan terkesan sudah terbiasa dengan fenomena tersebut. Sosialisai dan pelatihan dengan menerapkan teknologi tepat guna yang berkesinambungan perlu dilakukan untuk mengatasi fenomena amblesan intrusi air laut.

Keywords


amblesan;intrusi air laut;edukasi;rob

References


Hendrayana (2002). Intrusi air asin ke dalam akuifer di dataran, didownlioad:www.heruhendrayana.staff.ugm.ac,id, 11 Mei 2015.

Irham,M., Achmad, R. T., Widodo, S. (2006). Pemetaan Sebaran Air Tanah Asin Pada Aquifer Dalam di Wilayah Semarang Bawah.Berkala Fisika, Vol.9, No.3, hal 137-143.

Mulyana, A. (1992). Survei Hidrogeologi dan Konservasi Air Tanah daerah Semarang dan Sekitarnya, Laporan Akhir Penelitian, Direktorat Geologidan Tata Lingkungan, Bandung.

Mulyana, A., (1994). Survei konservasi air tanah daerah Semarang, Demak, dan Kendal, Direktorat Geologi Tata Lingkungan, Bandung, laporanpenelitian.

Marsudi (2000). Prediksi Laju Amblesan Tanah di Dataran Alluvial Semarang Jawa Tengah, Disertasi Program Doktor, Institut Teknologi Bandung.

Nugroho, C.A., dan Prihadi C. (2002). Pengisian air tanah pada akuifer melalui sumur resapan, Laporan Akhir Penelitian, Jurusan Teknik Sipil, UniversitasDiponegoro.

Suripin (2002). Odel Development of Groundwater Abstraction and Land Subsidence Potential Maps at the North Coast of Semarang Based on GPS, Final Report, Engineering Faculty Diponegoro University.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.