PENDAMPINGAN PENYUSUNAN ROADMAP PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN DAERAH KABUPATEN WONOSONO

Firmansyah Firmansyah, Shanty Oktavilia

Abstract


Kabupaten Wonosobo memiliki potensi ekonomi yaitu produk yang dapat dikembangkan menjadi unggulan daerah yang berdaya saing. Untuk menjamin tercapainya sasaran pengembangan produk unggulan daerah, diperlukan peningkatan kapasitas kelembagaan yang mandiri dan tangguh, dan menyusun sistem pengembangan produk unggulan daerah dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah. Pendampingan penyusunan roadmap pengembangan produk unggulan di wilayah kabupaten Wonosobo diperlukan untuk menjaga agar proses perencanaan sampai dengan evaluasi pengembangan produk unggulan daerah dapat terap dalam implementasinya. Pendampingan dilakukan kepada personalia kunci di bidang perencanaan pembangunan, kelompok usaha dan aparat pemerintah daerah dalam bentuk pelatihan dan pembimbingan penyusunan roadmap produk unggulan daerah.

References


Kuncoro, M. (2011). Perencanaan Daerah: Bagaimana Membangun Ekonomi Lokal, Kota dan Kawasan. Jakarta: Salemba Empat.

Todaro, M. P. (2000). Economic Development. Addison Wesley.

Tarigan, R.(2005). Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi. Bumi Aksara. Jakarta.

BPS Kabupaten Wonosobo. Wonosobo dalam angka, beberapa edisi.

______. (2011). Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Nomor 136/M-IND/PER/12/2011,tentang Peta Panduang (Roadmap) Pengembangan Kompetensi Inti IndustriKabupaten Wonosobo.

______. (2014). Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2014 tentang Pedoman Pengembangan Produk Unggulan Daerah.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.