PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA GURU DAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MELALUI PENGEMBANGAN INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES (ESP)

Sri Utami(1), Wijang Sakitri(2), Lesta Karolina Br Sebayang(3),


(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
(3) Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Borobudur, Magelang, merupakan sekolah kejuruan dengan fokus program studi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri (TPMI). Sekolah yang sudah terakreditasi A ini mempunyai 512 siswa dengan jumlah guru sebanyak 43 orang pada tahun ajaran 2013/2014. Pengklasifikasian guru berdsarkan mata pelajaran yang diampu.Guru Bahasa Inggris diklasifikasikan dalam Guru Umum. Terkait dengan pengajaran bahasa Inggris, sekolah ini mengacu pada kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013, silabus yang tertulis masih bersifat umum. Jika ditilik dengan kebutuhan siswa SMK teknik yang membutuhkan acuan yang lebih fokus, maka perlu adanya pembenahan syllabus dan bahan ajar. Siswa SMK teknik membutuhkan genre atau karakter materi yang berbeda dengan siswa SMU/MA. Materi yang bisa ditawarkan kepada siswa SMK hendaklah bersifat teknis, yang disesuaikan dengan jurusan masingmasing. Hasil dari pengabdian ini adalah berupa bahan ajar sebagai pelengkap buku utama yang digunakan oleh SMK yang sesuai dengan kurikulum 2013 khusus untuk kelas XIIyaitu jurusan teknik mesin. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa pengembangan buku ajar masih sangat diperlukan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal ini dikarenakan kurikulum SMK masih disamakan dengan kurikulum SMA. Pada kenyataannya, kebutuhan siswa SMK sangatlah berbeda dengan kebutuhan siswa SMA. Siswa SMK lebih membutuhkan mata pelajaran yang berkaitan dengan kosa kata teknis dan bahasa komunikatif yang diperlukan ditempat kerja.

Full Text:

PDF

References

Hammond, et.al 1992. English for Specific Purposes. A Handbook for Teachers of Adult Literacy. Australia: Macquirie University

Hutchinson, Tom; Waters, Alan. 1987. English for Specific Purposes. A learning-centred approach. New York: Cambridge University Press.

Mejalis Pendidikan Dasar dan Menengah. 2012. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Magelang. Profil Sekolah. SMK Muhammadiyah 2 Borobudur

Mark Ellis, & Christine Johnson. (1994). Teaching Business English. New York: Oxford University Press.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP). Kelas X Sem. Gasal/Buku Ia. SMKN 6 Yogyakarta. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP). Kelas XII Sem. Gasal dan Genap.

SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Silabus SMA/MA Kurikulum 2013. Bahasa Inggris-Wajib. Kelas X.

SMK Muhammadiyah 2 Borobudur. Struktur Kurikulum Tahun Pembelajaran 2009/2010. Program Keahlian Teknik Mesin. Kompetensi Keahlian Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri.

Swales, Jl. 1985. (ed).Episodes in ESP. Pergamon. Tony Dudley-Evans and Maggie Jo St John. 1998. Cambridge: CUP. 301 pp. ISBN 0 521 59675-0

www.okezone.com diunggah pada tanggal 3 Maret 2014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License