PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG METRIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI SEKECAMATAN CISAUK, TANGERANG

Stephanus Ivan Gunawan, Sri Hapsari Wijayanti

Abstract


Belajar berhitung dianggap paling sulit sehingga tidak mengherankan bahwa fobia terjadi di antara siswa sekolah dasar terhadap pelajaran ini. Siswa merasa sulit untuk memahami, tidak bersemangat untuk belajar, dan akhirnya berpengaruh pada prestasi pembelajaran. Keluhan tersebut berasal dari guru di sekolah dasar negeri di Kecamatan Cisauk, Tangerang, Jawa Barat. Mereka mengatakan bahwa siswa kurang bersemangat untuk belajar berhitung atau matematika dan merasa sulit untuk memahami meskipun mereka telah mengulang pelajaran tersebut berkali-kali. Selain itu, siswa sering kali kurang beruntung dalam kompetisi matematika yang diadakan setiap tahun di Cisauk. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kapasitas guru sekolah dasar di Cisauk melalui metode berhitung  metriks. Metode ini dikenal cepat, mudah dan menyenangkan. Target kegiatan ini adalah guru dan siswa dari tujuh belas sekolah dasar negeri di Cisauk. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga pertemuan, yaitu pelatihan untuk guru, pendampingan guru dan siswa, dan kompetisi untuk siswa. Secara umum, pemahaman guru tentang pelatihan berada pada tingkat yang cukup. Mereka telah menerapkan metode ini kepada siswa di kelas. Penguasaan siswa terhadap metode ini dapat dibuktikan dari kecepatan dan ketepatan saat kompetisi. Namun, siswa masih lemah dalam operasi hitung perkalian, pengurangan, dan penambahan  secara hafalan.


Keywords


literasi matematika, aritmatika, guru, metris

References


Benjamin, A. T. & Shermer, M. 2006. Secrets of Mental Math: The Mathemagician’s Guide to Lightning Calculation and Amazing Math Tricks. New York: Three Rivers Press.

Freitas, P. J. & Shell-Gellasch, A. June 2012. When a Number System Loses Uniqueness: The Case of the Maya - Uniqueness of Representation in a Place-Value System. Washington D.C: MAA Press. Loci.

Goenawan, St. I. & Gunawan, A.A.S. 2007. Metris: Perkalian Ajaib. Jakarta: Kawan Pustaka.

Goenawan, St. I. 2012. “Metris: Berhitung Super Cepat”. Jakarta: Media Pusindo.

________. Maret 2000. Metode Horisontal (Metris), Vol.1. Jakarta: Unika Atma Jaya.

________. 2008. Metris: Mencetak Einstein. Jakarta: Metris Pustaka.

Herlina, L. 2008. Penerapan “Metode Horisontal” untuk Meningkatkan Pemahaman Operasi Bilangan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Pasir Kaliki III Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, UPI Bandung.

Mahdiansyah & Rahmawati. 2014. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4): 452-469.

Needham, J. 1986. Science and Civilization in China: Volume 3, Mathematics and the Sciences of the Heavens and the Earth. Taipei: Caves Books, Ltd.

Sari, R.H.N. 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana? Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Valle-Tourangeau, F. et al. 2013. Reducing the Impact of Math Anxiety on Mental Arithmetic: The Importance of Distributed Cognition, Proceedings of the Thirty-Fifth Annual Conference of the Cognitive Science Society. Austin, TX: Cognitive Science Society.

Wijayanti, S.H. 2015. Kebutuhan Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cisauk, Tangerang, dalam Mengembangkan Profesinya. Prosiding Simposium Nasional Riset Pendidikan II 2015. Jakarta: Yayasan Pendidikan Dompet Dhuafa & Universitas Paramadina.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.