PENCEGAHAN PELECEHAN DAN KEKERASAN PADA ANAK MELALUI PENDAMPINGAN PERTAHANAN DIRI BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER KONSERVASI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG

Ipang Setiawan(1), Moch. Fahmi Abdulaziz(2), Bhayu Billiandri(3), Dhimas Bagus Dharmawan(4), Vivi Septiana Parista(5),


(1) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
(4) Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
(5) Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Dewasa  ini, banyak kekerasan dan pelecehan terhadap anak dan wanita yang dilakukan oleh pria dewasa bahkan teman sebayanya sendiri yang melakukannya, isu tersebut memang sungguh cukup meresahkan. Peristiwa yang terjadi mengarah pada pelecehan seks pada anak-anak perempuan yang masih duduk di bangku sekolah dasar dan kategori sekolah yang memiliki siswa yang bermasalah, baik dari segi ekonomi lemah pada orang tuanya, pendiam, dan kurang bisa bergaul dengan teman-temannya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tim pengabdi memberikan program pengabdian kepada masyarakat terhadap permasalahan mitra yang ada melalui pendampingan pada anak sekolah dasar yang berbasis nilai-nilai karakter konservasi, yang kegiatannya berupa pendampingan pertahanan anak melalui pelatihan beladiri pencak silat dan latihan fisik olahraga yang kegiatannya diberi penugasan rutin melakukan kegiatan yang mengarah seperti tuntutan butir karakter konservasi (seperti kemandirian, tanggungjawab, kepedulian, dan lain-lain). Dari program pelatihan pengabdian masyarakat tersebut dihasilkan peningkatan kemampuan keterampilan teknik dasar pencak silat pada siswa-siswi, siswa mampu melakukan teknik pukulan, hindaran, tangkisan, dan tendangan (samping, sabit, dan depan).

Keywords

Pencegahan; Pelecahan seksual; Kekerasan Anak; Pendampingan pertahanan diri; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

Badiatul Muchlisin Asti. 2009. Fun Outbound-Merancang Kegiatan Outbound Yang Efektif. Yogyakarta: Diva Press.

Buku penelitian dan pengabdian masyarakat Unnes tahun 2016/ diunduh melalui laman http://lp2m.unnes.ac.id/data-penelitian-dan-pengabdian-kepada-masyarakat-tahun-2016.html / pada 11/02/2017/ 11.22)

Daniel Goleman. 2007. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Djamaludin Ancok. 2007. Outbound Management Training. Yogyakarta: UII Press Yogyakarta.

http://daerah.sindonews.com/read/1041747/22/abg -dibunuh-dan-dikubur-di-kompleks- waduk-jatibarang-1441631129/ diakses pada 10/02/ 2017/ 09.02)

http://gaul.solopos.com/penganiayaan-ibu-di-semarang-laporkan-siswi-sd-ke- polisi560969/ diakses pada 11/02/ 2017/ 14.15

https://id.wikipedia.org/wiki/Seni_bela_diri/ diakses pada 11/02/2017/ 22.17

http://regional.liputan6.com/read/2520044/kepedihan-bocah-sd-semarang-korban- kejahatan-seksual-21-pria/ diakses pada 10/02/2017/ 11.10)

http://www.solopos.com/2014/04/30/pelecehan-seksual-anakkorbanbocahsd-semarang- pelaku-paman-sendiri-505406/ diakses pada 10/02/2017/ 14.05).

http://www.tribunnews.com/regional/2015/09/10/siswi-sddigunungpatitewaskecem- plung-jurang-saat-pelajaran-olahraga/ diakses pada 11/02/2017/ 15.05

Nur Dyah Naharsari. 2008. Olahraga Pencak Silat. Jakarta: Ganeca Exact

Pandji Oetojo. 2000. Pencak Silat. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan

simgakin.semarangkota.go.id/ diakses pada 11/02/2017/ 19.05

Undang-undang Dasar 1945 Amandemen Keempat dalam Pasal 28 B ayat

Undang-undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Undang-Undang Perlindungan Anak pasal 7 ayat 1

Wahyu Aji. 2015. Indonesia Darurat Kekerasan Seksual terhadap Anak. sumber:

http://www.tribunnews.com/nasional/2015/10/09/indonesia-daruratkekerasan-seksual-terhadap-anak/ diakses pada 11/02/2017/ 14.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License