UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU-GURU KIMIA DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI KEGIATAN MGMP

Sri Haryani(1), Agung Tri Prasetya(2), Sri Wardani(3),


(1) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang,
(2) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
(3) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengimplementasian dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah utamanya RPP sebagai implementasi KTSP bagi Guru-guru Kimia SMA di kota Semarang. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini meliputi ceramah dan tanya jawab untuk memperkenalkan pembelajaran berbasis masalah, penyuluhan, praktek serta demonstrasi/presentasi hasil diskusi kelompok mengenai pembuatan masalah dan langkah-langkah pembelajarannya. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan diperolehannya pengetahuan, wawasan dan keterampilan mengimplementasikan mengenai pembelajaran berbasis masalah. Presentasi hasil diskusi kelompok tentang pembuatan masalah dan langkah-langkah pembelajarannya selanjutnya dapat digunakan untuk menyususun RPP, namun demikian untuk cara mengases masih belum bisa dilakukan pada kegiatan ini.

Keywords

pembelajaran berbasis masalah, KTSP, kontekstual

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License