PELATIHAN PENGEMBANGAN LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS MENJADI ARTIKEL ILMIAH UNTUK JURNAL BAGI GURU GURU SEKOLAH DASAR KOTA SEMARANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL

Insan Fahmi Siregar

Abstract


Penulisan karya ilmiah belum pernah dilakukan. Seorang guru mengetahui bahwa dirinya diharapkan dapat berkomunikasi dengan teman seprofesi tentang berbagai persoalan dan pemecahan yang dihadapinya secara timbal balik melalui artikel ilmiah yang ditulisnya dan dipublikasikan dalam jurnal. Dengan demikian guru dituntut untuk bisa memperbaiki kualitas profesionalnya agar memiliki kompetensi seperti yang diharapkan. Permasalahan yang dicari pemecahannya adalah memacu kreativitas guru untuk menulis karya ilmiah sebagai aktualisasi bentuk evaluasi, inovasi dan solusi meningkatkan kualitas sebagai pendidik, berbekal pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya. Tujuannya adalah memberikan pengetahuan, keterampilan dan menumbuhkan kreativitas guru, yang tertuang dalam karya ilmiah hasil penelitian tindakan kelas atau hasil pemikiran/ konseptual yang siap dipublikasikan dalam upaya meningkatkan profesionalismenya. Pelatihan bagi para guru SD di Kota Semarang dilakukan dengan kegiatan Partisipasi Riset Aksi (PRA) dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pelatihan menggunakan metode yang meliputi kegiatan ceramah, diskusi dan praktek atau pemaparan hasil. Pengabdian masyarakat ini berhasil memberdayakan guru-guru SD yang berada di Kota Semarang. Mereka tergabung dalam KKG. Keberhasilan dilihat dari penyerapan hasil pelatihan mencapai sekitar 80% yaitu 30 dari 35 dari peserta hadir dalam pelatihan, dapat
merancang penulisan karya ilmiah Peserta pelatihan berjumlah 35 orang, terdiri dari guru SD. Oleh karenanya pelatihan penulisan karya ilmiah hasil penelitian dan atau konseptual sangat bervariasi. Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi para guru SD ini diharapkan dapat mendukung profesionalitas sebagai pendidik.


Keywords


Pelatihan Pengembangan, penelitian Tindakan Kelas, Kompetensi Profesional

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.