MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PENGUATAN KONSERVASI BUDAYA BAGI MAHASISWA

Sunahrowi Sunahrowi

Abstract

The course Introduction to Cultural Studies at the Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang also should be one of the steps to prepare as best generation aspired Education Law. Semarang Universitas Negeri Semarang as a university conservation where one of the goals of conservation is the conservation of cultural pre-requisites to make very interesting if we (researchers) as an integral part of the university made its contribution. Innovation introductory science teaching material culture with contextual teaching and learning method is expected to be the answer to all the questions and confusion students about cultural sciences introductory books that are too difficult to understand because many theoretical. In fundamental teaching material Introduction to Cultural Studies is divided into five parts, among others; (1) Culture , (2) Modernism, (3) Postmodernism, (4) Feminism, and (5) Orientalism.

 

Mata kuliah Pengantar Ilmu Budaya di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang juga hendaknya menjadi salah satu langkah mempersiapkan generasi terbaik sebagaimana yang dicita-citakan UU Sisdiknas. Universitas Negeri Semarang sebagai universitas konservasi di mana salah satu tujuan konservasi adalah konservasi budaya menjadikan pra-syarat yang sangat menarik apabila kita (peneliti) sebagai bagian integral dari universitas memberikan sumbangsihnya. Inovasi bahan ajar pengantar ilmu budaya dengan metode contextual teaching and learning ini diharapkan menjadi jawaban atas segala pertanyaan dan kebingunan mahasiswa mengenai buku pengantar ilmu budaya yang terlalu sulit untuk dipahami karena banyak yang bersifat teoritis. Secara mendasar materi ajar Pengantar Ilmu Budaya terbagi menjadi lima bagian, antara lain ; (1) Budaya dan Kebudayaan, (2) Modernisme, (3) Posmodernisme, (4) Feminisme, dan (5) Orientalisme.

 

Keywords

culture, teaching, contextual teaching and learning

Full Text:

PDF

References

Abdul Wahab, Solichin. 2012. Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Bumi Aksara. Jakarta

Adiasih, Imam Suyanto dan Warsiti. 2014. Penggunaan Model CTL dengan Media Manik-Manik dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV. Kalam Cendekia PGSD Kebumen,6 (4).Tersedia di http://jurnal.fkip.uns.ac.id/. Diunduh pada tanggal 7 April 2015 pukul 09:00 WIB

Ainin, M. 2007. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: Hilal Pustaka

Amin, Ali Syamsudin.2010.Assembling The Spiritual Power. Bandung : Prisma Press.

Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Borg, W.R., & Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. (4thed). New York & London: Longman.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dwiningrum, Siti Irene Astuti 2008. Visi Baru Manajemen Sekolah; Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara

Herawati, I., Sadilah, E., Isyanti., A. Adrianto dan Sujarno., 2004. Kearifan Lokal di Lingkungan Masyarakat Using, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur. Kemendikbud. Yogyakarta.

Kemdiknas. 2008. Sosialisasi KTSP: Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta: Kemdiknas RI.

Mardapi, Djemari. 2007. Tenik Penyusunan Instrumen. Jogjakarta: Mitra Cendikia.

Muslich, Masnur. 2010. Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pannen, P., Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press

S. Swarsi Geriya dalam “Menggali Kearifan Lokal untuk Ajeg Bali” dalam Iun, http://www.balipos.co.id. didownload 17/3/2015

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangnnya. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan,Djago&H.G.Tarigan.1990.Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa.Jakarta:Balai Pustaka

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Refbacks

  • There are currently no refbacks.