KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA

Merli Retnowati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pembelajaran IPA yang menggunakan model Think Pair Share dibandingkan dengan model konvensional pada materi Sifat-Sifat Cahaya. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 40 siswa, yang terdiri dari 19 siswa kelas VA dan 21 siswa kelas VB SD Negeri 1 Srowot Kabupaten Banyumas. Kelas VA dijadikan sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VB dijadikan sebagai kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil uji hipotesis pertama, dengan menggunakan Independent Sample T Test, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran model Think Pair Share dengan siswa yang memperoleh pembelajaran model konvensional. Selanjutnya, uji hipotesis kedua dengan menggunakan polled varian, dapat disimpulkan aktivitas belajar siswa yang memperoleh pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran model konvensional. Uji hipotesis yang ketiga dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T Test, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memperoleh pembelajaran model Think Pair Share dengan siswa yang memperoleh pembelajaran model konvensional. Berikutnya, uji hipotesis keempat dilakukan dengan separated varian, disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran model konvensional. Berdasarkan keempat hasil pengujian hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model Think Pair Share lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional

Keywords

Aktivitas belajar, hasil belajar, model Think Pair Share, dan pembelajaran sifat-sifat cahaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.