PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERMUATAN KEGIATAN PENCINTA ALAM

Mila Santika, Bambang Hartono

Abstract

Pembelajaran menulis teks prosedur bagi peserta didik SMA Sederajat kurang berjalan dengan baik. Pembelajaran belum dikaitkan dengan  lingkungan kegiatan peserta didik di sekolah salah satunya adalah ekstrakulikuler, dan terbatasnya contoh-contoh teks prosedur yang bervariatif dan menarik pada buku yang digunakan di sekolah maupun yang beredar di pasaran. Buku pengayaan menulis teks prosedur bermuatan kegiatan pencinta alam dipilih sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan menulis teks prosedur bermuatan kegiatan pencinta alam berdasarkan kebutuhan peserta didik dan guru. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) yang dilakukan dalam lima tahap. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini meliputi (1) guru dan peserta didik membutuhkan buku pengayaan menulis teks prosedur dikarenakan ketersediaan dan kondisi buku yang masih terbatas, (2) prototipe buku pengayaan menulis teks prosedur bermuatan kegiatan pencinta alam mengacu pada kebutuhan guru dan peserta didik, (3) hasil penilaian validator terhadap buku pengayaan mendapatkan nilai rata-rata 74.14 dengan kategori baik, dan (4) perbaikan prototipe buku pengayaan terdiri aspek kegrafikaan, bahasa dan keterbacaan, dan materi atau isi.

Keywords

buku pengayaan, menulis teks prosedur, kegiatan pencinta alam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.