Online Assessment pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19: Transformasi Dunia Pendidikan menuju Paperless Policy

Didi Pramono, Ngabiyanto Ngabiyanto, Isnarto Isnarto, Iwan Hardi Saputro

Abstract

Artikel ilmiah ini mencoba melihat pandemi covid-19 dari sudut pandang yang berbeda, bahwa telah terjadi perubahan pada dunia pendidikan Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan meningkat siginifikan selama pandemi covid-19 terjadi. Implikasinya, telah terjadi transformasi dalam dunia pendidikan Indonesia di tengah pandemi covid-19, salah satunya terkait online assessment. Online assessment terbukti mampu mengurangi penggunaan kertas (paperless). Jika biasanya siswa mengerjakan tugas dan menyampaikannya kepada guru dalam bentuk fisik, maka saat ini telah berganti dalam bentuk file yang dikirim via email, whatsapp, google form, Microsoft Teams, atau bentuk learning management system yang lainnya. Guru perlu membekali diri dengan kompetensi penguasaan teknologi informasi dan komunikasi yang baik agar mampu mengimplementasikannya dalam pembelajaran.

Keywords

online assessment, pandemi covid-19, paperless, transformasi

Full Text:

PDF

References

Aldiyah, E. (2021). Perubahan Gaya Belajar di Masa Pandemi. Cendekia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 8–16.

Ansori, A., & Sari, A. F. (2020). Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 133–148. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn/article/view/3735

Baby, K. T., & Saeed, M. A. (2020). International Journal of Linguistics , Literature and Translation ( IJLLT ) Beyond the Classroom Through the Paperless Mode Creating a Paperless Classroom The Transition to Paperless Classrooms in the Omani Context. International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 3(1), 77–81.

Bin, M., Reaz, I., & Hussain, S. (2007). Multimedia University : A Paperless Environment to Take the Challenges for the 21 st Century. AACE Journal, 15(3), 289–314. https://www.editlib.org/p/21797/article_21797.pdf

Franklin, R., & Smith, J. (2015). Practical assessment on the run - IPads as an effective mobile and paperless tool in physical education and teaching. Research in Learning Technology, 23. https://doi.org/10.3402/rlt.v23.27986

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Indiani, B. (2020). Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan media daring pada masa pandemi covid-19. Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(3), 227–232.

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44

Lalu Gede, & Zainuddin. (2020). Transformasi Media Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19. Al Hikmah : Jurnal Study Islam, 1(1), 82–93.

Lestari, N. G. A. M. Y. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. In Covid-19: Perspektif Pendidikan (Issue 07).

Meishar-Tal, H., & Shonfeld, M. (2019). Students’ writing and reading preferences in a paperless classroom. Interactive Learning Environments, 27(7), 908–918. https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1504306

Olt, M. (2002). Ethics and Distance Education : Strategies for Minimizing Academic Dishonesty in Online Assessment. Online Journal of Distance Learning Administration, V, 1–8. http://www.westga.edu/~distance/ojdla/fall53/olt53.html

Pramono, D., Ngabiyanto, Isnarto, Saputro, I. H., & Utomo, A. P. Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Evaluasi Pembelajaran Berbentuk Portofolio sebagai Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Bagi Guru SMP N 41 Semarang. Jurnal Implementasi, 1(1), 1–9.

Robles, M., & Braathen, S. (2002). Online assessment techniques. Delta Pi Epsilon Journal, 44(1), 39–49. http://www.acousticslab.org/dots_sample/module2/RoblesAndBraathen2002.pdf

Ruhadi, R., Pramono, D., Utomo, A. P., & Isnarto, I. (2020). The Conservation Values Integration Model in Scientific Approach of Civics in College. Proceedings of the 5th International Conference on Science, Education and Technology, ISET 2019. https://doi.org/10.4108/eai.29-6-2019.2290507

Saqiah, B. (2020). Perubahan Paradigma Pendidikan dan Ekonomi Dimasa Pandemi Covid-19. Media Bina Ilmiah, 15(1), 12–26.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.