Reader Comments

Inspirasi Topik untuk Acara Aqiqah sang Kecil

by Lintang Bumi Indonesia (2020-06-10)

 |  Post Reply

Dalam adat Islam, diketahui upacara aqiqah untuk anak yang baru lahir. Aqiqah ialah pengorbanan hewan kurban untuk bentuk sukuran atas kelahiran anak.

Bila anak lelaki diperlukan 2 ekor kambing, domba, sapi atau onta, sedang anak wanita cuma 1 ekor saja. Aqiqah dikerjakan waktu umur sang Kecil 7, 14, atau 21 hari.

Di Indonesia, aqiqah jadi acara penting hingga Mama perlu pikirkan topik serta gagasan acara dengan prima. Walau pokok acara aqiqah ialah doa bersama-sama dan memberitahukan nama sang Kecil, tetapi Mama harus tetap pikirkan menu hidangan untuk tamu dan dekor ruang acara aqiqah.

Ingin mengadakan acara aqiqahan (cukur rambut anak) tetapi bingung semacam apa formasi acaranya serta bagaimana prosedurnya, berikut kami sediakan ringkasan daftar acara yang seringkali dikerjakan keluarga pada acara aqiqah.

Pembukaan. Presenter atau MC buka acara dengan ucapkan salam serta membaca "Basmallah" Bismillahirrahmanirrahiim.
Pembacaan Ayat Suci Al-Quran atau Kalam Ilahi. Membaca surat Lukman dari ayat 13-18 oleh Ayah anak yang beraqiqah atau diwakili.
Sambutan dari tuan-rumah, untuk sampaikan tujuan serta arah acara itu serta berterima kasih atas kedatangan beberapa undangan.
Pencukuran rambut bayi/anak dengan cara simbolik serta diiringi pengesahan nama anak.
Tausiyah mengenai makna serta sunnahnya ber-aqiqah.
Do'a penutup.
Sesudah usai acara lalu beberapa undangan disilahkan mencicip sajian prasmanan atau jika diberikan berbentuk nasi box.

Contoh Teks Pembawa Acara (MC) untuk Syukuran Aqiqah
Assalamualaikum,wr,wb…

Bapak, ibu serta aqiqah murah jakarta dan beberapa tamu undangan yang kami hormati.
Pertama – tama silahkan kita berikan puja serta puji sukur kehadirat Allah سُبْحَانَهُ وتَعَالَى, atas rohmat, hidayat yang dilimpahkan
pada kita, hingga pada siang yang sarat dengan kebahagiaan ini kita dapat ada penuhi undangan dari bapak Abdullah sekeluarga dalam rencana sukuran akan lahirnya putra yang ke-2, buah kesayangan dari pasangan bapak Abdullah serta ibu Nur Ismi (tukar dengan nama orang-tua yang mengaqiqahkan anaknya).

Sholawat dan salam mudah-mudahan masih tercurahkan pada junjungan kita Nabi Besar Muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. yang sudah memberi tuntunan ajaran agama Islam. hingga kita bisa ketahui mana kasus yang haq serta mana kasus yang bathil.

Kami atas nama keluarga berterima kasih atas kedatangan Bpk/Ibu/Saudara/i sekaligus yang bisa meluangkan saatnya untuk turut merasai syukuran aqiqah putra/putri yang pertama dari bapak Abdullah yang sudah dinamakan "Abdul Hakim" (tukar dengan nama anak yang beraqiqah). Mudah-mudahan atas kedatangan beberapa undangan dibalas oleh Allah سُبْحَانَهُ وتَعَالَى. Amiin ya robbal ‘alamin.

Hadirin yang saya hormati langsung kami bacakan daftar acara kesempatan kali ini. daftar acara sedetailnya sebagai berikut (daftar acara bisa sesuai dengan kemauan pemilik hajat)



Add comment