Reader Comments

MACAM – MACAM ALAT UKUR

by Lintang Bumi Indonesia (2020-07-07)

 |  Post Reply

1.Garis baja

garis baja yakni alat yang dipakai untuk menghitung dimensi panjang, lebar, serta tebal. Ketelitiannya ialah ± 0,5 mm.

Dalam membaca rasio pada garis, mata harus tegak lurus dengan rasio yang akan dibaca.
Langkah pemakaianya:
– Merapatkan benda ukur pada dasar sandaran atau balok landas.
– Tempatkan garis baja di atas benda ukur, tempatkan titik 0 atau ujung garis baja pada balok landas.
– Baca dimensi atau ukuran panjang benda ukur.

2.Micrometer sekrup
micrometer sekrup ini umumnya dipakai untuk menghitung ketebalan satu benda, diameter, dan lain-lain. Contohnya menghitung ketebalan kertas serta menghitung diameter kawat.

Langkah Pemakaianya:
– Tekankan pengunci pada kondisi terbuka
– Membuka rahan dengan memutar kekiri pada rasio putar sampai benda bisa masuk kerahang.
– Tempatkan benda yang diukur pada rahang, serta putar kembali lagi sampai pas.

3.Ampere Mtr.
Amperemeter ialah satu alat yang dipakai untuk menghitung kuat arus listrik. Biasanya alat jual alat pengukur particle counter ini digunakan oleh teknisi elektronik yang umumnya terdapat pada alat multitester listrik yakni kombinasi amperemeter, voltmeter serta ohm mtr..

4.Voltmeter
Voltmeter alat yang dipakai untuk menghitung tegangan listrik. Dengan ditambah alat multiplier dapat tingkatkan kekuatan pengukuran alat voltmeter berulang-kali lipat.

5.Ohmmeter
Ohmmeter adalah alat yag dipakai untuk menghitung hambata listrik yang disebut satu daya yang dapat meredam saluran listrik pada konduktor. Alat itu memakai galvanometer untuk lihat besarnya arus listrik yang selanjutnya dikalibrasi kesatuan ohm.

6.Thermometer
Thermometer ialah alat untuk menghitung temperatur, baik temperatur udara atau temperatur air. Unit umum yang dipakai ialah celcius.

Langkah pemakaianya:
thermometer kerja berdasar perkembangan jumlah fisik, saat temperaturnya beralih. Jadi dapat berdasar pemuaian (thermometer air raksa), perkembangan resistivitas, perkembangan jumlah listrik(termokopel), radiasi bahan (thermometer temperature tinggi).

7.Periode sorong
periode sorong adalah satu alat ukur yang dipakai untuk menghitung panjang satu benda dengan kecermatan sampai 0,1mm.

manfaat periode sorong ialah:
– untuk menghitung satu benda dari bagian luar dengan dijepit,
– untuk menghitung bagian pada suatu benda yang umumnya beruapa lubang( pada pipa, atau yang lain) dengan di ulur,
– untuk menghitung kedalaman sela/lubang dalam satu benda dengan menanamkan atau menusukkan dibagian pengukur.

8.Acuan
acuan adalah alat pengukur desakan udara dalam unit Mb. Acuan termasuk juga perlengkapan meteorology kelompok non recording yang di saat spesifik harus dibaca supaya mendapatkan data yang diharapkan.

9.Stopwatch
stopwatch ialah alat yang dipakai untuk menghitung lamanya waktu yang dibutuhkan dalam pekerjaan, contohnya: berapakah lama waktu yang ditemuh sang pelari dalam jarak 100 M.

langkah pemakaianya: tombol start, setop serta reset yang dipakai untuk mengawali, hentikan serta mengulang-ulang pengukuran waktu.
rasio yang dipakai:
1. dalam detik, rasio ini diatur melingkar dibagian tepi dengan jarak antar rasio 0,2 detik. Jarum panjang adalah yang berperan untuk pengukuran dalam detik.
2. Di menit, rasio ini diatur melingkar dengan jarak antar rasio 1 menit. Jarum pendek berfungsiuntuk penunjuk waktu di menit.

10.Speedometer
speedometer ialah alat pengukur kecepatan kendaraan darat jual alat pengukur murah , yang disebut peralatan standard tiap kendaraan yang bekerja dijalan.
langkah kerjanya : piranti pengukur kecepatan yang dikaitkan langsung dengan roda depan atau transmisi dengan memakai satu kabelyang turut berputar-putar waktu kendaraan bergerak, pergerakan berputar-putar ini selanjutnya di ganti untuk menggerakkanjarak kecepatan.



Add comment