Pengembangan Game Simulasi Tari Kreasi Khas Semarangan dengan Memanfaatkan Sensor Gerak (Motion Capture)

Rahina Nugrahani(1), Usreg Tani Utina(2), Wandah Wibawanto(3),


(1) Dosen DKV Unnes
(2) Dosen sendratasik Unnes
(3) Dosen DKV Unnes

Abstract

Pengembangangan game simulasi tari kreasi khas Semarangan ini dilatarbelakangi oleh semakin menurunnya minat dan pengetahuan remaja mengenai kesenian tradisional seperti tari, namun di sisi lain animo remaja pada produk aplikasi game tari (dance game) seperti Pump It Up, Dance Dance Revolution dan Danz Base yang dikembangkan oleh game developer Asing semakin tinggi. Penelitian dilaksanakan dengan mengadaptasi pendekatan Research and Development (R & D.) Kegiatan penelitian dimulai dengan memetakan kebutuhan dari aspek teknologi dan aspek visual. Aspek teknologi mencakup teknologi motion capture (sensor gerak) yang dijadikan sebagai dasar untuk mengembangkan game simulasi tari khas Semarangan, sedangkan aspek visual adalah hal-hal yang terkait dengan pengembangan elemen visual dan estetis yang sesuai dengan karakter remaja. Target dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi simulasi tari khas Semarangan yang menggunakan teknologi sensor gerak. Dari simulasi tersebut diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan minat remaja mengenai tari khas Semarangan sebagai salah satu produk kesenian tradisional.

Keywords

Seni Tari; Tari Semarangan; Simulasi; Sensor Gerak;

Full Text:

PDF

References

Jain, H.P., Subramanian, A., Das, S., Mittal, A. 2011. Realtime Upper-Body Human Pose Estimation Using A

Depth Camera. In: Proceedings of the 5th International Conference on Computer Vision/Computer Graphics Collaboration Techniques, MIRAGE’11. Berlin: Springer-Verlag.

Jeong, Y.S., Jeong, M.K., Omitaomu, O.A. 2011. Weighted Dynamic Time Warping for Time Series Classification. Pattern Recognition

Sony. 2015. Modul Workshop Pelatihan Animasi dengan Teknik Motion Capture. Semarang: Dinperindag Semarang.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Wibawanto, Wandah. 2013. Memprogram Game Flash 3D itu Mudah. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wilson, A.D. 2010. Using A Depth Camera as A Touch Sensor. In: ACM International Conference on Interactive Tabletops and Surfaces. New York: ACM.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.