Motivasi Berprestasi Mahasiswa: Implementasi Model Portofolio dalam Mata Kuliah Kajian Seni Rupa Anak

Petrus Claver Ismiyanto

Abstract


Penelitian ini dilatari oleh fenomena meningkatnya mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah teoretik yang sebelumnya peminatnya sedikit dan juga rendahnya prestasi mahasiswa dalam mata kuliah teoretik. Tujuannya ingin memperoleh gambaran implementasi model portofolio dalam Kajian Seni Rupa Anak dan implikasinya terhadap kompetensi dan motivasi berprestasi mahasiswa. Penelitian jenis tindakan kelas ini menggunakan analisis data multi methods; sehingga mampu memberikan informasi yang komprehensif mengenai apa dan mengapa terjadinya sesuatu sekaligus sebagai bentuk triangulasi data penelitian. Penelitian ini didahului dengan pengukuran skala sikap, pengamatan, wawancara, penilaian portofolio dan refleksi kinerja sebelumnya disertai dengan penyusunan panduan belajar siklus berikutnya sampai pada terjadinya redundancy. Hasil penelitian menunjukkan model portofolio mampu meningkatkan partsisipasi dalam diskusi, namun belum mampu meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa. Jika model tersebut secara kontinu diimplementasikan diharapkan mampu mengubah keterpaksaan menjadi kebutuhan untuk belajar, sehingga mampu meningkatkan kompetensi dan motivasi mahasiswa.

Keywords


kajian seni rupa anak, motivasi berprestasi, mahasiswa, model portofolio

Full Text:

PDF

References


Budimansyah, D. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portofolio. Bandung: Genesindo.

Baumfield, Vivienne, Elaine Hall, dan Kate Wall. Action Research in the Classroom (terj. Daryatno). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Higgins, J.M. 1982. Human Relations: Concepts and Skill. New York: Random House.

Ismiyanto, PC. S., dkk. 1996. Motif Memilih Profesi dan Upaya Belajar Mahasiswa Program Diploma Dua PGSD IKIP Semarang, Laporan Penelitian Proyek OPF IKIP Semarang, Tidak Dipublikasikan.

Ismiyanto, PC.S., Syafii, dan M. Ibnan Syarif. 2016. Meningkatkan Motivasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Simulasi Pembelajaran Seni Rupa dengan Model Partisipatori, Laporan Penelitian, DIPA UNNES, Semarang, Tidak Dipublikasikan.

Jurusan Seni Rupa. 2015. Deskripsi Mata Kuliah Kurikulum Tahun 2015, FBS Unnes Jurusan Seni Rupa (untuk kalangan sendiri).

Kemmis, Stephen dan Robin McTaggart (Ed.). 1988. The Action Research Planner. Australia: Deakin University.

Monks, F.J., dkk. 1989. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya.. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sindhunata (ed.) 2000. Membuka Masa Depan Anak-anak Kita: Mencari Kurikulum Pendidikan Abad XXI. Yogyakarta: Kanisius.

Sudiyono, Triyo Supriyanto, dan Moh. Padil. 2006. Strategi Pembelajaran Partisipatori di Perguruan Tinggi. Malang: UIN Malang Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 1983. Kontribusi Konsep Mengajar dan Motif Berprestasi terhadap Proses Mengajar dan Hasil Belajar, Disertasi, tidak dipublikasikan, IKIP Bandung.

Taylor, Shelly E., Letitia Anne Peplau, dan David O. Sears. 2009. Psikologi Sosial (ed. 2, terj. Tri Wibowo). Jakarta: Kencana.

Tim Penyusun KBBI. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Winkel, W.S. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Wlodkowski, R.J. 1985. Enhancing Adult Motivation to Learn. London: YosseyBass.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Imajinasi: Jurnal seni is open access art journal and licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright 2003-2017 Semarang State University (Unnes). All rights reserved.