Peran dan Model Pembelajaran Sigit Priyananto di Sanggar Lukis Matahari Tulungangung

Lia Khoirun Nisa

Abstract


Studi ini dimaksudkan untuk menelusuri peran, fungsi dan model pembelajaran Sigit Priyananto di Sanggar Lukis Matahari Tulungagung. Penelitian ini memadukan pendekatan kualitatif dengan metode studi tokoh atau biografi. Sumber data terbagi menjadi dua yaitu data primer dengan wawancara pada narasumber utama (Sigit Priyananto), dan data sekunder diperoleh dari jurnal, arsip, foto sanggar. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dimulai dengan menjelaskan kehidupan Sigit Priyananto yang mempengaruhi perannya sebagai seniman, pendidik dan pengelola sanggar. Sedangkan model pembelajarannya terdapat persiapan pembelajaran, model dan langkah pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian ini secara teoritik dapat menjelaskan teori peran dan teori fungsionalisme struktural Sigit Priyananto di sanggar tersebut

Keywords


peran, model pembelajaran, Sigit Priyananto, Sanggar Lukis Matahari

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barbara, Kozier. 1999. Teori Peran. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Creswell, John W. 2009. Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Furchan, Arief. 2005. Studi Tokoh Metode Penelitian Mengenai Tokoh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hapsari, Iriani Indri. 2016. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT Indeks.

Miles, Mattew. B and Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Ritzer, George. 2003. Teori Sosiologi Modern (Edisi Keenam). Jakarta: Prenada Media.

Soeharjo, AJ. 2012. Pendidikan Seni dari Konsep Sampai Program. Malang: Jurusan Seni dan Desain: Fakultas Sastra UM.

Suhardono, Edy.1994. Teori Peran (Konsep, Derivasi dan Implikasinya). Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Syureich. 1990. Pengaruh Lingkungan. Jakarta: Offset Sistimatis.

Usman, Sunyoto. 2012. Sosiologi (Sejarah, Teori dan Metodologi). Penerbit Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yudhawati, Ratna. Haryanto, Dany. 2011. Teori-Teori Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Imajinasi: Jurnal seni is open access art journal and licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright 2003-2017 Semarang State University (Unnes). All rights reserved.