PENDEKATAN JUXTAPOSITION SEBAGAI DASAR PERANCANGAN AMBIENT MEDIA KAMPANYE SADAR SKOLIOSIS

Ristia Kadiasti(1),


(1) Dosen Jurusan Animasi, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang

Abstract

Perancangan media kampanye sosialisasi pencegahan skoliosis ini dirancang untuk orang tua yang memiliki anak remaja, guru dan juga remaja. Media utama yang digunakan adalah Ambient Media dengan alasan memberikan surprising effect yang baik. Penggunaan ambient media dengan memanfaatkan lingkungan dan medium sekitar target audience memungkinkan untuk penyampaian informasi yang tepat dan terarah. Interaksi dengan audience memungkinkan penyampaian afektif dan kognitif tersampaikan dengan maksimal. Dengan menggunakan ambient media ini diharapkan masyarakat menjadi lebih mawas diri akan skoliosis agar pencegahan preventif bisa dilakukan. 

Keywords

Kampanye,Ambient Media,Skoliosis

Full Text:

PDF

References

Gleicher, Michael; Danielle A.; Rick W.; Ilir J.; Charles D. H.; Jonathan C. R. 2011. Visual Comparison for Information Visualization. Journal Information Visualization Vol 10 Issue 4. California : Sage Publishing.

Hanurawan, Fattah. 2010. Psikologi Sosial. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Hughes, Sean. 1984. Traumatologik dan Ortopedik. Jakarta: EGC Penerbit Buku Kedokteran

Ingledew, John. 2011. The a-z of Visual Iideas. London: Laurence King Publishing.

Mukaromah, Siti. 2011. Pengalaman Psikososial Remaja Penyandang Skoliosis di Wilayah Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah : Studi Fenomenologi. Tesis. Jakarta : Pascasarjana Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

Nugrahani, Rahina. 2008. “Perkembangan Ambient Media di Indonesia†Jurnal Imajinasi Vol 4 No 1. Semarang : UNNES

Perry, David. K. 2002. Theory and Research in Mass Communication, Context and Consequences – Second Edition. New Jersey : Lawrence Elrbaum Associate Publisher.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2009. Nirmana. Yogyakarta : Jalasutra.

Shimp, Terence A.. 2003. Periklanan Promosi. Edisi ke-5. Diterjemahkan oleh: Nurcahyono Mahanani. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Wijaya, Bambang Kusuma. 2011. “Model Komunikasi Berasa dalam komunikasi pemasaran, Studi mengenai Iklan Ambient Media dalam Meraih Kepercayaan Khalayak Konsumen†Jurnal Communication Spectrum Vol 1 No. 1. Jakarta : Universitas Bakrie.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.