PENYAJIAN PAMERAN MUSEUM MELALUI REALITAS MAYA

Pratama Bayu Widagdo(1),


(1) Dosen Jurusan Seni Rupa, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pameran temporer suatu museum pada umumnya, kurang mampu menghadirkan informasi museum itu. Penyampaian informasi melalui realitas maya mempunyai potensi memberikan pengalaman berkunjung secara buatan. Melalui realitas maya suatu pengalaman buatan dapat memberikan kesan seakan “berada di sanaâ€. Penyajian pameran merupakan hal yang terpenting dalam memberikan pengalaman berkunjung di museum, sehingga memetakannya menjadi konten realitas maya yang menarik dan informatif perlu dilakukan. Kerangka berpikir pada penelitian ini dengan melakukan integrasi pendekatan konsep desain pameran museum dari Carliner dengan elemen realitas maya dari Sherman dan Craig. Hasil integrasi berupa matriks yang berguna dalam penciptaan realitas maya. Penelitian ini menemukan bahwa immersion pada pendekatan desain pameran museum merupakan pondasi pokok dalam penciptaan realitas maya, berikutnya adalah skimmability, theme, dan layering. Adanya pemetaan yang jelas akan membantu dalam menciptakan pengalaman baru berupa pemahaman rasional tentang museum. 

Keywords

Penyajian Pameran, Pengalaman Visual, Museum, Realitas Maya

Full Text:

PDF

References

Republik Indonesia. 1995. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 1995 tentang Pemeliharaan dan Pemanfaatan Benda Cagar Budaya di Museum. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Sanoff, Henry. 1991. Visual Research Methods in Design. New York: Van Nostrand Reinhold.

Carliner, S. 2001. Modelling Information for Three-dimensional Space: Lessons learned from museum exhibit design Volume 48 (1), pages 66-81. Technical Communication.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Franzoi, Stephen. 2011. Psychology: A Discovery Experience, First Edition. Ohio: South- Western Cengage Learning.

Sherman WR, Craig AB. 2003. Understanding Virtual Reality. Morgen Kaufman Publishers.

Stanney, K. 2001. Handbook of Virtual Environments. Lawrence Earlbaum, Inc.

Sedig, K., Parsons, P., & Babanski, A. 2012. “Towards a Characterization of Interactivity in Visual Analytics†Journal of Multimedia Processing and Technologies. Special Issue on Theory and Application of Visual Analytics (2012), 3(1), 12-28.

Melzer, J. 2001. Head-Mounted Displays. Kaiser Electro-Optics Inc.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.