PENDIDIKAN SENI UNTUK MEMBENTUK MANUSIA IDEAL PADA SEKOLAH UMUM

Robin Esa Yulianto

Abstract


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendidikan seni merupakan pendidikan yang bertujuan mengasah kepekaan rasa, kreativitas, dan cita rasa estetis siswa dalam berkesenian, mengembangkan etika, kesadaran sosial, kesadaran kultural siswa dalam kehidupan bermasyarakat. Bidang kajian dalam pendidikan seni meliputi seni rupa, tari, musik dan teater. Materi pokok seni meliputi apresiasi seni, sejarah seni, estetika, kritik seni, berkarya seni, dan penyajian seni, dan penyajian seni yang pembelajarannya secara integratif dalam berapresiasi melalui pendekatan belajar melalui seni. Melalui pendidikan seni diharapkan peserta didik dapat mengembangkan fisik serta psikisnya secara seimbang. Pendidikan seni untuk membentuk manusia yang ideal adalah membentuk manusia yang terampil, manusia yang sadar budaya, manusia yang peka rasa, manusia kreatif dan manusia yang bugar dan elegan.


Keywords


pendidikan seni;terampil;sadar budaya peka rasa;kreatif;bugar dan elegan

Full Text:

PDF

References


Imam, Barnabid. 1994. Filsafat Pendidikan, Sistem Dan Metode. Yogyakarta: Andi Offset.

Ismiyanto. Pc. 2011. Kurikulum dan Buku Teks Pendidikan Seni Rupa. Semarang: Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Rohidi, T.R. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Rohidi, T.R. 2014 Pendidikan Seni, Isu dan Paradigma. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Salam, Sofyan. 2013. “Justifikasi Pendidikan Seni di Sekolah Umumâ€. Makalah dalam Seminar Nasional Pendidikan Seni “Paradigma Pendidikan Seni: Telaah Filosofis, Ideologis, dan Praktis†23 Oktober 2013. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Sunarya, Yaya. 2012. Filsafat Pendidikan. Bandung: Arfino Raya.

Triyanto. 2017. Spirit Ideologis Pendidikan Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.




DOI: https://doi.org/10.15294/imajinasi.v14i1.27685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.