KAJIAN ORNAMEN PADA KELOMPOK CANDI ARJUNA DI KOMPLEKS CANDI DIENG

Annisa Ayu Firmadhani(1), Muh. Ibnan Syarif(2),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Candi merupakan bangunan kuno peninggalan kebudayaan masa kerajaan Hindu. Salah satu bangunan candi di Indonesia yaitu kompleks Candi Dieng yang ada di Jawa Tengah yang berisi kelompok kelompok candi satu diantaranya merupakan kelompok Candi Arjuna yang masih terbilang lengkap jumlah candinya. Ornamen pada kelompok Candi Arjuna memiliki kelengkapan visual yang lebih sempurna dan lengkap dibandingkan candi-candi di kompleks Dieng. Tujuan yang dalam penelitian ini yaitu menjelaskan bentuk ornamen pada kelompok Candi Arjuna yang berada di kompleks Candi Dieng dan menjelaskan makna ornamen pada kelompok Candi Arjuna yang berada di kompleks Candi Dieng. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui Teknik Observasi, Teknik Wawancara, dan Dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan seperti Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan/Verifikasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Ornamen yang terdapat pada setiap bagian candi di kelompok Candi Arjuna meliputi motif Geometris dan motif Organis. Dari kedua motif tersebut diklasifikasikan jenis motifnya yaitu: (1) Motif Kertas Tempel, (2) Motif Persegi, (3) Motif bunga (stilasi bunga dan bunga teratai), (4) Motif Kala, (5) Motif Makara dan (6) Motif Dewa (Trimurti dewa Hindu yaitu Dewa Brahma, Dewa Siwa dan Dewa Wisnu), (7) Motif Antefix, (8) Motif Tirai dan (9) Motif Pilaster. Terkait dengan makna simbolik ornamen yang terdapat pada kelompok Candi Arjuna berkaitan dengan mitologi agama Hindu.

Keywords

ornamen, candi, simbol

Full Text:

PDF

References

Arifin, F. (2015). Representasi Simbol Candi Hindu dalam Kehidupan Manusia: Kajian Linguistik Antropologis. 16(2), 12–20.

Bastomi, S. (1982a). Seni Rupa Indonesia: Awal Sampai Zaman Kerajaan Islam. IKIP Semarang Press.

Edi, S., Hariani, S., Hasan, D., Ratnaesih, M., Djuwita, W., & Chaidir, A. (2013). Candi Indonesia Seri Jawa. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman.

Halim, A., & Herwindo, R. P. (2017). The Meaning of Ornaments in the Hindu and Buddhist Temples on The Island of Java (Ancient - Middle-Late Classical Eras). Riset Arsitektur (RISA), 1(02), 170–191. https://doi.org/ 10.26593/ risa.v1i02.2391.170-191.

Harriyadi, H. (2020). Pertimbangan Pemilihan Lokasi Kompleks Candi Dieng. Amerta, 37(2), 123–138. https://doi.org/10.24832/ amt.v37i2.123-138.

Istari, T. M. R. (2015). Ragam Hias Candi-Candi di Jawa: Motif dan Maknanya.

Pratiwinindya, R. A., Iswidayati, S., & Triyanto, T. (2017). Simbol Gendhèng Wayangan pada Atap Rumah Tradisional Kudus dalam Perspektif Kosmologi Jawa-Kudus. Catharsis, 6(1), 19-2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.