PERANCANGAN STOOL INSPIRASI MOTIF KAWUNG DENGAN MENGGUNAKAN LIMBAH CELANA BEKAS JEANS DAN OIL BARREL (STUDI KASUS DI CV. T VINTAGE AND RECYCLED)

Rifan Freza Purnama(1), Ratna Endah Santoso(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Indonesia merupakan negara yang menghasilkan sampah bekas, tidak hanya limbah pra-konsumen melainkan juga pencemaran lingkungan yang bisa ditemui dan juga banyaknya stock barang yang tidak laku dijual. Selain itu, aktivitas industri membutuhkan adanya pelumas oli untuk mesin dan drum oli (oil barrel) sebagai packaging. Dari kegiatan tersebut kebutuhan oil barrel meningkat setiap bulannya. Hal ini akan menjadikan limbah baru berupa kurangnya pemanfaatan oil barrel. MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) menjadi awal melakukan kegiatan Magang di perusahaan CV. T VINTAGE AND RECYCLED dengan melakukan pemanfaatan limbah celana bekas jeans oil barrel. Tujuannya agar limbah anorganik akan menjadi barang yang mempunyai nilai tinggi yang bisa digunakan dalam keseharian. Selain itu, bermanfaat bagi lingkungan dan sekitarnya. Mitra CV. T VINTAGE AND RECYCLED sebuah produsen furniture dan dekorasi daur ulang dengan konsep vintage dan recycle, upcycling material metal khususnya oil barrel. Furniture yang dihasilkan oleh perusahaan ini mengusung tema industrial dan etnik.

Keywords

art, seni, desain, visual communication

Full Text:

PDF

References

Hardiansyah, Ganjar. 2017. Aplikasi Pengenalan Batik Jawa Barat Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Bandung: (STUDI KASUS DI CV. T VINTAGE AND RECYCLED)

JBPTUNIKOMPP.

Gustami, Sp. 2007. Butir-butir Mutiara Estetika Timur: Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia. Yogyakarta: Prasista.

Marliani, Novi. 2014. “Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga”. Jurnal Formatif 4(2): 124- 132, 126-127.

Nurjihanti, Fadhilah. 2021. Limbah Tekstil.

kompasiana.com.

P.L.C., B. 2020. Indonesia Konsumsi Minyak. Indonesia: ceicdata.com.

Sedjati, D. P. 2019. "Mix Teknik Ecoprint dan Teknik Batik Berbahan Warna Tumbuhan dalam Penciptaan Karya Seni Tekstil." Corak: Jurnall Seni Kriya 8.1 (2019): 1-11, 4-5.

Sunarsih, L. 2018. Penanggulangan Limbah. Yogyakarta: books.google.com.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.