ANALISIS ROLAND BARTHES DALAM VIDEO KAMPANYE KEMBALI BAHAGIA

Tristan Alfian(1), Kukuh Dwi Wijanarko(2),


(1) Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Nahdlatul Ulama - Jepara
(2) Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Nahdlatul Ulama - Jepara

Abstract

Informasi terkait Covid-19 menjadi isu paling populer sejak dilaporkannya pandemi pertama kali di Wuhan China yang selanjutnya melanda negara lain termasuk Indonesia. Kondisi ini menyebabkan masyarakat Indonesia kesulitan untuk mengambil langkah akibat meluapnya informasi bersamaan dengan hoax. Kota Kudus adalah salah satu daerah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 tertinggi karena penyebaran hoax yang berujung keraguan terhadap kebenaran berita yang diterima. Tujuan dari perancangan kampanye sosial pemberantasan hoax tentang Covid-19 ini membantu masyarakat dalam mengambil langkah untuk menghadapi informasi mengenai Covid-19 yang muncul di berbagai media. Karya video Kembali Bahagia merupakan jawaban kepada masyarakat akan semangat pulihnya kota Kudus menghadapi Covid 19. Karya tersebut penulis analisis menggunakan analisis semiotika dari Roland Barthes yaitu sistem petanda dan penanda.

Keywords

art, seni, desain, visual communication

Full Text:

PDF

References

Barthes, Roland. 2012. Elemen-Elemen Semiotika.

Terjemahan M. Ardiansyah. Jogjakarta: IRCiSoD.

Judhita, Christiany. 2020. “Perilaku Masyarakat Terkait Penyebaran Hoaks Covid-19”. Jurnal Pekommas, Vol.5 No 2. 105-116.

Windasari, Anggry, et al,. 2017. “Pengembangan Audio Visual Sebagai Media Komunikasi Informasi, dan Edukasi Kerusakan Das Bodri Hilir Kab. Kendal”. Semarang: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian

Nuswantoro.

Shimarmata, Janner, MS Hasibuan, et al. 2019.

Hoaks dan Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Syania, Tiara Dwi. 2020. “Reproduksi Berita Hoax

di Media Sosial Masyarakat Desa Rendeng Kabupaten Kudus”. Semarang: Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

KOMINFO. 2022. Laporan Isu Hoaks Periode Juli 2022.https://eppid.kominfo.go.id/informa si_publik/Informasi%20Publik%20Set iap%20Saat/detail/128.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kudus. 2021.

Katalog BPS: Kabupaten Kudus dalam Angka Kudus Regency in Figures. Kudus: Badan Pusat Statistik Kabupaten Kudus.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.