Studi Kurikulum SMK Berbasis Industri Kreatif di Indonesia Timur

Rabendra Yudistira, Nugrahardi Ramadhani, Setyadi Denny Indrayana, Waluyo Hadi

Abstract


Pengembangan industri kreatif di Indonesia sangat membutuhkan tenaga SDM dengan keterampilan yang sesuai di bidangnya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan akan SDM yang handal, kompeten dan mampu bersaing dalam industri kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti model pendidikan yang efektif pada sekolah berbasis industri kreatif, mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan berbasis industri kreatif dan menjabarkan solusi yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan dua sumber data sebagai objek penelitian, yaitu; 10 SMK dan 10 unit bidang usaha kreatif di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Indonesia. Langkah yang diambil adalah mengkaji dan membandingkan dua variabel data tersebut, untuk menemukan permasalahan dan ketidaksinambungan antara kebutuhan SDM di dunia usaha dan metode pembelajaran atau kurikulum pembelajaran di SMK. Kajian dalam penelitian ini dibatasi pada pengembangan SMK yang secara khusus mengembangkan produk kerajian berbasis pada potensi lokal, baik dalam hal ketersediaan bahan baku, budaya maupun produk-produk yang telah dikembangkan oleh masyarakat lokal.

Keywords


industri kreatif;SMK;kurikulum;

Full Text:

PDF

References


Elka Pangestu, Mari. 2008. Pengembangan Industri Kreatif Menuju Visi Ekonomi Kreatif Indonesia 2025, Rencana Pengembangan 14 Subsektor Industri Kreatif Indonesia (2009-2015). Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.15294/imajinasi.v10i2.8807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.