Karakteristik Motif Batik Kendal Interpretasi dari Wilayah dan Letak Geografis

Singgih Adhi Prasetyo

Abstract


Kendal adalah kabupaten yang memiliki kontur geografs yang komplit sebagai tempat penghasil batik. Batik mulai ramai diperbincangkan dan dikenakan kembali ketika UNESO mencanagkan batik sebagai warisan budaya dunia. Batik Kendal memiliki proses penciptaan yang cukup menarik dan keberagaman bentuk yang kreatif. Peciptaan desain ornamen dan pembuatan ornamen batik dilakukan utuk mendapatkan kekhasan motif batik Kendal. Proses ini dilakuka dengan cara mebuat desain ornamen yang terinspirasi dari lingkungan sekitar. Keberaaman motif batik Kedal dipengaruhi oleh letak geogradfis wilayah yang terbagi menjadi tiga wilayah, pesisir, dataran rendah dan pegunungan. Tiap-tiap memiliki ciri khas yang berbeda. Sebagai saran, bagi para pengrajin hendaknya lebih mengesplorasi lingkungannya untuk menjadi sebuah inspirasi dalam penciptaan desain ornamen batik sebagai ciri khas batik Kendal, sekaligus memanfaatkan pewarna alami untuk batiknya.

Keywords


motif batik;keberagaman;geogafis;

Full Text:

PDF

References


Dullah, Santosa. 2002. Batik, Pengaruh Zaman dan Lingkungan. Solo: Danar Hadi

Hamzuri. 1985. Batik Klasik (Classical Batik). Jakarta:Djambatan.

Honggopuro, Kalinggo. 2002. Batik Sebagai Busana Dalam Tatanan dan Tuntunan. Yayasan Peduli Keraton.

Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. 1992.Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta:UI Press.

Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitain Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nazir, Muh. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Purbasari, Melisa, dkk. 2013. Batik Gringsing Bantulan dalam Perspektif Bentuk Motif Warna dan Makna Simbolik Relevansinya dengan Fungsi. Jurnal Pend. Seni Kerajinan - S1 (e-Craft). Vol 2, No 4.

Rossa, Terry De dan Rahmatsyam Lakoro. 2011. Perancangan Desain Motif Batik Berkarakter Kota Surabaya. digilib.its.ac.id/.../ITS-paper- 29300-3407100084-Paper. Diakses pada hari Sabtu, 3 Oktober 2015 Pukul 21.40 WIB.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15294/imajinasi.v10i1.8816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.