UKIYO-E: SENI GRAFIS TRADISIONAL JEPANG

Sri Iswidayati(1),


(1) Dosen Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang

Abstract

Ukiyo-e tergolong seni grafis, merupakan salah satu perkembangan teknik melukis di Jepang pada zaman Edo (1603-1867) dimulai sejak abad 17 sampai dengan abad 19. Saat ituUkiyo-e berawal dari kelompok ketidakpuasan parapelukis karena adanya pembatasan subjek dalam aliran seni lukis. Aksi ketidakpuasan tersebut ditandai dengan beralihnya teknik melukis dengan menggunakan teknik toreh-cukil di atas bilah kayu, bertujuan untuk mereproduksi atau mencetak ulang karya lukisannya. Tema lukisan Ukiyo-e pada umumnya bertema tentang kehidupan masyarakat seharihari,situasi alam dan pemandangan. Ukiyo-e saat itu telah menciptakan sensasi tersendiri, karena bercorak realistis dekoratif,dan berwarna mencolok. Berawal dari kondisi inilah tren umum perkembangan seni lukis Jepang mulai terasa.Tokoh-tokoh seniman ukiyo-e diantaranya adalah Ando Hiroshige dalam karya: Tokaido Highway, Katsushika Hokusai:Mt. Fuji, Kitagawa Utamaro dalam karya: Beautiful Woman dan Toshusai Sharaku dalam karya Kabuki Actor.

Keywords

Jepang;ukiyo-e;seni grafis;

Full Text:

PDF

References

Fenollosa, E. 1921 Ephochs of Chinese and Japanese Art. Volume1& Volume2. London: William Heinemann

Ishizawa, M; Tanaka, Ichimatsu: 1986. The Heritage of Japanese art. Kodansha: International. ISBN 978-0-87011-787-9

Iswidayati.,S. 1995. Estetika Jepang; Spirit Zen Buddhisme; Kajian Dalam Konteks Desain, Seni dan Teknologi, Makalah Simposium Internasional. The Japan Foundation.

Pusat Study Jepang,Universitas Indonesia Iswidayati,S. 2006. Seni Lukis Kontemporer Jepang dalam Kajian Semiotik. Semarang: UNNES Press

Kikuchi, S; Kenny, D .1969. A Treasury of Japanese Wood Block Prints (Ukiyo-e). Crown Publishers

Toishi, K .1979. The Scroll Painting". Ars Orientalis .Freer Gallery of Art, The Smithsonian Institution and Department of the History of Art: University of Michigan.

Tanaka, H .1999. Sharaku Is Hokusai: On Warrior Prints and ShunrĂ´'s (Hokusai's) Actor Prints. Artibus et Historiae

Refbacks

  • There are currently no refbacks.