BERKARYA SENI GRAFIS SEBAGAI ALTERNATIF PENGALAMAN BELAJAR SENI RUPA BAGI ANAK

Syafii Syafii

Abstract


Pengembangan kreativitas anak merupakan keniscayaan bagi program pendidikan. Melalui program pendidikan anak akan memperoleh berbagai pengalaman belajar yang akan mengembangkan berbagai potensinya, kebutuhan ekspresi dirinya dan kebutuhan institusi tempat anak menempuh pendidikan. Pengalaman belajar itu, dalam pembelajaran seni rupa lazim dikenal sebagai pengalaman belajar apresiatif dan kreatif. Seni rupa menjadi salah satu bagian dari pembelajaran di sekolah bagi anak dengan beraneka aktivitas. Salah satu cabang seni rupa tersebut adalah seni grafis yang secara konvensional dapat dibuat dengan teknik cetak tinggi, dalam, datar dan tembus. Seni grafis ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pemberian pengalaman belajar kreatif bagi anak yang antara lain dapat dituangkan dalam aktivitas pembelajaran dengan teknik cetak penampang, monoprint, tembus dan gesek. Aktivitas tersebut tetap menuntut kemampuan guru dalam mengembangkannya melalui berbagai eksperimentasi berbagai media agar kreativitas anak berkembang dengan subur

Keywords


pengalaman belajar;seni rupa;seni grafis;

Full Text:

PDF

References


Beal, N. dan Miller, G.B. 2003. Rahasia Mengajarkan Seni pada Anak. Dalam Panggabeans, F.H. (Terj.). Yogyakarta: Pripoenbooks.

Faulkner, R. dkk. Art Today: An Introduction to the Fine and Functional Arts. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Gaitskell, C. D dan Hurwitz, A. 1975. Children and their Art. New York: Harcourt Brace Jovanovich.

Gilbert, R. 1992. Living with Art. New York: MCGraw-Hill.

Horovitz, B.L., Lewis, H. dan Hilda, M. 1967. Undertanding Childrens Art for Better Teaching. Ohio: Charles E. Merill Books.

Kemendiknas. 2006. Standar Kompetensi- Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Seni Budaya SMP. Jakarta: Kemendiknas.

Noblitt, J. 1981. Mencetak Blok. Dalam Bragdon, A.D. (Ed.). Aneka Hobi Rumah Tangga. Jakarta: Tira Pustaka.

Susanto, M. 2012. Diksi Rupa: Kumpulan Istilah dan Grakan Seni Rupa. Yogyakarta : DictiArt Lab & Djagat Art House.

Syafii, Djatmiko, T., dan Cahyono, A. 2002. Materi dan Pembelajaran Kertakes SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syafii. 2010. Orientasi ke Arah Pendidikan Seni Rupa. Semarang: Jurusan Seni Rupa FBS Unnes.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.