PERAN DESAIN GRAFIS PADA LABEL DAN KEMASAN PRODUK MAKANAN UMKM

Rahina Nugrahani(1),


(1) Dosen Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang

Abstract

Strategi pemasaran memegang kendali yang sangat penting dalam keberhasilan penerimaan produk di masyarakat, namun banyak UMKM yang mengabaikan hal tersebut. Label dan kemasan merupakan salah satu kunci bagi UMKM untuk lebih meningkatkan nilai jual produk. Studi menunjukkan kemasan yang baik akan meningkatkan nilai jual produk 40% - 100% dari harga awal. Tampilan grafis yang memiliki nilai estetis dan memuat informasi yang memadai menjadi representasi dari produk yang ditawarkan. Desain grafis pada label dan kemasan membentuk kontak pribadi antara produsen dan konsumen serta menciptakan efek psikologis tertentu pada individu. Elemen yang mencakupi warna, teks dan elemen visual adalah elemen yang saling melengkapi dalam membentuk persepsi konsumen terhadap suatu produk. Kemasan dapat meraih perhatian konsumen selama beberapa detik, oleh karena itu hirarki visual yang perlu diperhatikan adalah visibilitas merk, warna yang khas, dan elemen ilustrasi yang unik.

Keywords

desain;kemasan;grafis;UMKM;

Full Text:

PDF

References

Ardya, O. 2007. Concept "Mengenal Kemasan yang Ideal", Vol.03 Edisi 18. Jakarta:Subur Printing.

Durdev, P B dan Maletic, V. 2011. Visual Impact of Graphic Information in the Package. Proceedings of Informing Science & IT Education Conference (InSITE).

Lakoro, R. 2007. Studi Komunikasi Visual pada Kemasan Makanan Ringan. jurnal IDEA.

Maine, S. 2014. How product packaging affects buying decisions. Artikel online.

Meryana, E. 2009. Kelemahan Produk UMKM di Indonesia: Kemasan. Artikel online.

Wang, R W.Y. dan Chen, W C. 2007. The Study on Packaging Illustration Affect On Buying Emotion. Proceeding. International Association of Societies and Design Research, Hong Kong Polytech University.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.