Implementasi Papan Berpaku: Pengembangan Kreativitas Anak Usia SMP dalam Menggambar Motif

Petrus Claver Ismiyanto(1),


(1) Dosen Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pengembangan kreativitas anak harus dijadikan skala prioritas pendidikan. Realitas penyelenggaraan pendidikan di negeri ini belum menunjukkan upaya pengembangan kreativitas anak. Fenomena tersebut berimplikasi pada penyelenggaraan pembelajaran, terutama Seni Budaya di SMP, sehingga anak tidak memperoleh pengalaman kreatif yang bermakna. Penelitian ini mengkaji implementasi papan berpaku (geoboard) dalam pembelajaran menggambar motif, ragam papan berpaku, dan kreativitas anak dalam menggambar motif dengan media papan berpaku. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan subjek anak usia SMP di Daerah Tingkat II Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian digunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra penggunaan papan berpaku, anak kesulitan menggambar motif dalam proses berkarya berulang menghapus pekerjaannya atau berganti kertas. Setelah digunakan papan berpaku anak sangat antusias mencoba dan bereksplorasi dengan berbagai gambar motif dan menghasilkan karya yang kreatif dan excellent. Manfaat penelitian ini bagi guru dapat dijadikan refleksi dan sekaligus masukan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Bagi para pengelola sekolah dapat dijadikan sebagai bahan pembinaan guru dalam mengembangkan .media pembelajaran. Bagi peserta didik dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media belajar kreatif.

Keywords

papan berpaku;kreativitas;menggambar;motif;

Full Text:

PDF

References

Chandra, Yulius. 1997. Kreativitas: Bagaimana Menanam, Membangun, dan Mengembangkannya. Yogyakarta: Kanisius.

Calloway, Stephen; Elizabeth Cromley, and Alan Powers. 2008. The Elements of Style: An Encyclopedia of Domestic Architectural Detail. New York: Firefly Books.

Hawadi, Reni Akbar, dkk. 2001. Kreativitas: Panduan bagi Penyelenggaraan Program Penciptaan Belajar (Buku 2). Jakarta: PT. Grasindo.

Ismiyanto, PC. S. 1994. "Proses Pembelajaran Seni Rupa di Sekolah Dasar: Studi Deskriptif di Tiga SD Kota Semarang". Tesis S2 (tidak dipublikasikan). Bandung: PPS IKIP Bandung.

Ismiyanto, PC.S. dan Syafii. 2010. "Guru Seni Rupa: Kajian Profesionalitas Guru Seni Rupa SMP-SMA di Kabupaten Semarang Pasca Program Sertifikasi". Hasil Penelitian, tidak dipublikasikan FBS Universitas Negeri Semarang.

Lancaster, John. 1990. Art in the Primary School. New York: Chapman & Hall, Inc.

Lowenfeld, Viktor & W. Lambert Brittain. 1984. Creative and Mental Growth (Seven Edition). New York: Macmillan Publishing Co, Inc.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Terjemahan TR. Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy J. 1988. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Remaja Karya.

Salim, Djohan. 2008. “Anak dan Perkembangan Pendidikan Musik dalam Konteks Kreativitas”, Makalah, disajikan pada International Seminar on Arts for Teachers, 17 Juli 2008 di Yogyakarta.

Underhill, Bob. 1981. Teaching Elementary School Mathematics (Third Edition). Sydney: Charles E. Merrill Publishing Company.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.