DECODING KARYA POSTER TUGAS AKHIR 2000-2012 MAHASISWA SENI RUPA UNNES: SEBUAH IDENTIFIKASI KODE DAN JALINAN KODE

Eko Haryanto(1),


(1) Dosen Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang

Abstract

Poster Tugas Akhir atau Proyek Studi (TA/PS) mahasiswa Jurusan Seni Rupa Unnes sangat bervariasi tema, teknik, subjeknya. Dengan mendudukan fungsi subjeknya sebagai komunikasi maka memahami kode dan jalinan kode simboliknya merupakan hal yang sangat penting untuk mengetahui tingkat kreativitas simboliknya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan semiotika strukturalisme dan postrukturalisme. Subjek penelitian adalah poster TA/PS dari 2000 sampai 2012 karya mahasiswa Jurusan Seni Rupa Unnes. Obyek penelitian adalah kategori kode dan jalinan kode dalam sistem pertandaan karya. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pendekatan heuristik dan hermeneutik melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Simpulannya adalah poster TA/PS mahasiswa sebagian besar tidak menggunakan kode secara tunggal. Jalinan kode yang digunakan minimal sebanyak dua kode dan selebihnya sangat bervariasi kode-kode yang digunakan. Sebagian besar karya dalam menyampaikan tanda-tanda lebih banyak menggunakan kode kebudayaan. Sebagian karya poster masih lemah untuk mencoba kode simbolik dengan cara berpikir schizophrenia dan kode semantik dengan cara mengolah bahasa rupa.

Keywords

poster;kode;simbolik;hermenutik;narasi;desain;

Full Text:

PDF

References

Bari, S. 2001. “Desain Poster Pencemaran Udara untuk Pelestarian Lingkungan” dalam Proyek Studi Jurusan Seni Rupa Unnes.

Cavallaro, D. 2004. Teori Kritis dan Teori Budaya. Yogyakarta: Niagara.

Chandler, D. 2007 “Semiotics for beginner Rhotorical Tropes” dalam www. Aber.ac. uk/media/ document/s4b/sem 11/html/2007

Iswidayati, S. 2006. Seni Lukis Kontemporer Jepang dalam Kajian Semiotik. Semarang: UNNES Press.

Keraf, G. 1994. Diksi dan Gaya Bahasa. Edisi yang diperbarui. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Piliang, YA. 2003. Hipersemiotika Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna. Yogyakarta : Jalasutra.

Sobur, A. 2004. Analisis Teks Media Suatu pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjiman, P. dan van Zoest, Aart. 1991. Serba-Serbi Semiotika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tinarbuko, S. 2008. Semiotika Komunikasi Visual, Yogyakarta: Jalasutra.

Widagdo. 2006. “Penelitian Bidang Seni Rupa” dalam Jaringan Makna Tradisi Hingga Kontemporer. Yogyakarta: BP ISI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.