Fungsi Seni bagi Kehidupan Manusia: Kajian Teoretik

Mohammad Rondhi(1),


(1) Dosen Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang

Abstract

Seni bisa dipandang sebagai proses yang dilakukan manusia, baik sebagai proses kreasi maupun proses apresiasi. Dengan demikian seni tidak hanya dipandang sebagai sebuah tindakan kreatif seorang seniman, tetapi juga sebagai proses apresiasi yang dilakukan oleh penonton. Dalam dunia seni, proses kreasi sama pentingnya dengan proses apresiasi sebab seni tidak akan ada tanpa penonton. Peristiwa berkesenian tidak hanya terjadi pada diri seniman tetapi juga pada diri penonton pada saat menikmati karya seni. Dunia seni adalah tempat pengalaman estetis dipertukarkan, seniman menyajikan pengalamannya ke penonton atau sebaliknya. Inilah yang kemudian disebut sebagai komunikasi estetik. Komunikasi seni tidak hanya menyajikan nilai estetik tetapi juga nilai ekstra estetik termasuk nilai sosial dan moral. Tulisan ini merupakan sebuah kajian teoritik terhadap nilai seni dari berbagai perspektif.

Keywords

ipteks;fungsi seni;humaniora;esensialisme;relativisme;hermeneutik;

Full Text:

PDF

References

Alperson, P. 1992. The Philosophy of The Visual Art. New York: Oxford University Press.

Csikszentmihalyi, M. 1996. Creativity: Flow and the Psychology of Discovery and Invention. New York: Harper Collins Publishers Inc.

Danto, A. C. 1998. The Wake of Art: criticism, philosophy and the end of taste. Amsterdam: Overseas Publisher Association.

Dickie, G. 2004. 'Defining Art: Intension and Extension' in Kivy, P. (Edit.) 2004. The Blackwell Guide to Aesthetics. Malden, MA: Blackwell Publishing Ltd.

Eisner, E. W. 1972. Educating Artistic Vision. New York and London: The Macmillan Limited.

Fuchs, S. 2001. Against Essentialism: A Theory of Culture and Society. Massachusetts and London: Harvard University Press.

Harris, M. 1999. Theory of Culture in Postmodern Times. London: AltaMira Press.

Rosenberg, A. 2005. Philosophy of Science: A contemporary introduction. New York: Routledge.

Santosa. 2011. Komunikasi Seni: Aplikasi dalam Pertunjukan Gamelan. Surakarta: ISI Press Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.