NEED ASSESMENT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA SEMARANG

Andi Suhardiyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah ntuk mengidentifikasikan kebutuhan pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Karakter Berbasis Project Based Learning Pada Sekolah Menengah Pertama Di Kota Semarang. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sumber penelitian ini adalah guru dan peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Kota Semarang. Metode pengumpulan data dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan bahan ajar yang diharapkan dari aspek isi dan bahan kajian: berisi tentang hakikat pendidikan karakter dimana pelaksanaan tiap nilai karater dengan penugasan yang berbasis project; adanya paparan materi terkait pengertian pendidikan karakter dalam bahan ajar pendidikan karakter berbasis Project Learning; tipe soal yang sesuai dalam pengembangan bahan ajar pendidikan karkter berbasis project learning serta berisi langkah-langkah yang sistematis dan mudah dipahami oleh peserta didik. Pengembangan bahan ajar harus memperhatikan harapan seperti terkait dengan aspek fisik buku, judul bahan ajar yang sesuai adalah Pendidikan karakter Berbasis Project Based Learning, gambar sampul mengarah kepada aktivitas siswa di sekolah yang mencerminkan pendidikan karakter, jenis huruf yang digunakan adalah comic sans ms, jenis ukuran buku adalah buku kecil ukuran kertas separuh A4, dengan jumlah halaman 40 sd 50 halaman, penyertaan gambar pada materi di bahan ajar, bentuk pelaksanaan penugasan dalah penugasan berbasis project yang dilaksanakan secara berkelompok, bahasa yang digunakan dalam bahan ajar pendidikan karakter berbasis project learning adalah menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan karakteristi siswa di Sekolah Menengah Pertama di Semarang.

Keywords


Bahan Ajar, Project, Based, Learning, Karakter

Full Text:

PDF

References


Doppelt, Y. (2005). Assessment of project based learning in a mechatronics context. Journal of Technology Education. Vol 16 no.2: 7-24

Heri Gunawan, 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung.Alfabeta

Kementerian Pendidikan Nasional.2011. Panduan Pendidikan Karakter. Puskurbuk .Jakarta.

Kemdikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Raka, Gede dkk. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: PT Elek Media Kompetindo.

Siswomihardjo, Koento Wibisono. 2001. Demokrasi Sebagai Sarana Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. (Makalah) . Tidak Diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v28i1.11817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 INTEGRALISTIK



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @ 2018 Universitas Negeri Semarang. All rights reserved.
View Integralistik Stats