PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKUTURISME PADA SEKOLAH BACKGROUND AGAMA

Siti Maizul Habibah(1),


(1) Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pentingnya penanaman nilai – nilai multikulturisme pada sekolah dengan background agama. Penelitian ini berawal dari hasil observasi yang telah dilakukan dan menunjukkan bahwa masih banyak sekolah yang lebih menitik beratkan golongan agama dalam sistem pengajarannya daripada menggambarkan multikultur yang ada di indonesia maupun disekitarnya. Kemudian yang menjadi dasar hukum dalam mendirikan sekolah dengan background agama atau sosial mengacu pada Undang – undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Artikel ilmiah ini menggambarkan bahwa pentingnya menanamkan nilai-nilai multikultural pada sekolah –sekolah dengan background agama karena dianggap minim sekali dalam menghargai dan saling menghormati perbedaan yang ada yang berpeluang besar terjadinya radikalisme di indonesia.

Keywords

Nilai-nilai Multikulturisme; Sekolah Background Agama

Full Text:

PDF

References

Alwasilah.A.C.2002.Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar merancang dan melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya

Arikunto, S.1998.Prosedur Penelitian. Jakarta.Rineka Cipta

Fajar Mukti dan Achmad, Yulianto. 2010. Dualisme Penelitian Hukum Normatif dan Empirik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, Rustam. 2013. Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal ADDIN, Vol. 7, No. 1, (129-154).

Arifudin, Iis. 2007. Urgensi Implementasi Pendidikan Multikutural di Sekolah. Jurnal INSANIA Vol. 12|No. 2|Mei-Ags 2007|220-233 : P3M STAIN Purwokerto

Kamal, Muhiddinur. 2013. Pendidikan Multikultural Bagi Masyarakat Indonesia Yang Majemuk. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 6, hlm. 451-458.

Liputan 6. Bentrok Antar-Etnis Terjadi di Sumbawa. http://news.liputan6.com/read/494122/bentrok-antar-etnis-terjadi-di-sumbawa, diakses 12 Agustus 2017.

Nafis.2014. Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sma Al-Muayyad Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. universitas sebelas maret surakarta

Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats