PROBLEMATIKA PARTISIPASI POLITIK PILKADA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2013

Solkhah Mufirkhah(1),


(1) 

Abstract

Pilkada merupakan instrumen penting dalam menumbuhkan kehidupan demokratis di tingkat lokal. Dalam Pilkada, satu hal yang menjadi titik perhatian adalah partisipasi politik. Hanya saja, yang patut mendapatkan perhatian adalah bahwa tingkat partisipasi politik masyarakat masih rendah, khususnya yang terjadi di Pilkada Jawa Tengah tahun 2013. Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya partisipasi poitik masyarakat dalam Pilkada Provinsi Jawa Tengah tahun 2013 antara lain masalah yang ada pada diri masyarakat pemilih (internal) dan institusional (eksternal pemilihan). Dengan melihat kondisi di atas, diperlukan sebuah formula kebijakan untuk mempermudah masyarakat agar mau berpartisipasi memberikan hak suaranya di saat Pilkada, serta dorongan kepada masyarakat agar mau berpartisipasi secara substantif.

Keywords

Partisipasi Politik; Pilkada; Jawa Tengah

References

Agustino, Leo. 2009. Pilkada danDinamika Politik Lokal.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, Syarif. 2009. ―Pilkada, Money Politics and the Dangers of ‗Informal Governance‘‖ dalam Maribeth Erb & Priyambudi Sulistiyanto ed., Deepening Democracy in Indonesia: Direct Election for Local Leaders (Pilkada). Singapore: ISEAS.

Budiardjo, Meriam. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Surbakti, Ramlan. 2007. Memahami IlmuPolitik, Cet. ke-6. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.

Huntington, Samuel P. dan Joan Nelson.1994. Partisipasi Politik diNegara Berkembang. Jakarta:

Rineka Cipta.

Stokes, Susan C. 2007. ―PoliticalClientelism.‖ In Carles Boix and Handbooks of Political Science.New York. Oxford UniversityPress.

Muhtadi, Burhanuddin. 2013. PolitikUang dan Dinamika Elektoral diIndonesia: Sebuah Kajian AwalInteraksi Antara “Party-Id†danPatron-Klien. Jurnal PenelitianPolitik, Volume 10, No. 1 Juni

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats