PENERAPAN CONCEPT LEARNING MODEL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMA PGRI KABUPATEN CIANJUR

Iyep Candra Hermawan, Dina Indriyani, Heri Munadi

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan penerapan concept learning model dan esensinya dalam pembelajaran PPKn di persekolahan. Peningkatan kualitas pembelajaran ditentukan oleh peranan guru dalam menerapkan pilihan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan concept learning model berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran PPKn. Kualitas pembelajaran dibuktikan baik secara substantif dalam pemahaman konsep dan generaliasi, maupun secara psikologis dalam pengembangan kepribadian dan keterampilan terkait dengan kemampuan mendeskripsikan, menganalisis, dan mempresentasikan bahan ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA PGRI Kabupaten Cianjur. Respon peserta didik bahwa dalam pembelajaran PPKn dirasakan tidak jenuh dan membosankan, keterlibatan secara aktif sehingga pembelajaran dirasakan amat komunikatif dan lebih familier, kemampuan peserta didik dalam mengungkapkan pendapat, serta pemahaman konsep dan memberikan contoh yang aktual dan kontroversial.

Keywords


concept learning model; pembelajaran PKn

References


Budimansyah, Dasim & Suryadi, Karim.

PKN dan Masyarakat Multikultural.

Bandung: Prodi PKn, Sekolah Pascasarjana UPI.

Jacobsen, David A. dkk. 2009. Methods for Teaching; Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Terjemahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce, Bruce dkk. 2009. Models of

Teaching; Model-Model

Pengajaran. Terjemahan.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi.

Bandung: Refika Aditama. Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan

Karakter. Terjemahan: Educating

for Character. Bandung: Nusa

Media.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis

Kompetensi; Konsep,

Karakteristik, dan

Implementasi. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sapriya & Winataputra, Udin S. 2004.

Pendidikan Kewarganegaraan;

Model Pengembangan Materi dan

Pembelajaran. Bandung: Lab.

PKn, Jurusan PKn-FPIPS UPI.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative

Learning; Teori, Riset dan Praktik.

Terjemahan. Bandung: Nusa

Media.

Solihatin, Etin & Raharjo. 2007.

Cooperative Learning; Analisis

Model Pembelajaran IPS.

Jakarta: Bumi Aksara.

Somantri, Muhamad Numan. 2001.

Menggagas Pembaharuan

Pendidikan IPS. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan

Pembelajaran. Jakarta: Bumi

Aksara.

Uno, Hamzah B. 2007. Model

Pembelajaran; Menciptakan

Proses Belajar Mengajar yang

Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi

Aksara.

Wahab, Abdul Azis. 2007. Metode dan

Model-ModelMengajarIlmu

Pengetahuan Sosial (IPS).

Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v29i2.16699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Integralistik

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @ 2018 Universitas Negeri Semarang. All rights reserved.
View Integralistik Stats