Telaah Muatan Karakter Pembelajaran IPS Berbasis Kelas di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Batang

Putri Nur Fitria, Agustinus Sugeng Priyanto

Abstract


Implementasi pendidikan karakter menjadi suatu keharusan karena pendidikan tidak hanya menjadikan siswa cerdas, tetapi juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun, sehingga keberadaannya menjadi bermakna baik bagi dirinya maupun orang lain. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi pendidikan karakter berbasis kelas dalam pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Batang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari informan guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan analisis interaktif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling guna memilih partisipan terkait pengalaman yang diteliti sesuai dengan implementasi karakter dalam pembelajaran IPS. Hasil temuan menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis kelas ditunjukkan melalui pencantuman nilai karakter di dalam kurikulum, manajemen kelas, metode pembelajaran, serta pada gerakan literasi. Terlihat bahwa siswa memiliki nilai karakter yang ada dalam struktur kurikulum melalui proses modelling yang ditiru saat proses pembelajaran. Penelitian ini berkesimpulan bahwa teori kognitif sosial dengan proses modelling berdampak baik terhadap karakter seorang siswa, karena dapat menumbuhkan contoh karakter yang baik juga untuk siswa lainnya.


Keywords


Karakter; Modelling; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Agboola, Alex. 2012. Bring Character Education in Classroom. European Journal of Education Research. 1 (2):163-170, USA: University of the Incarnate Word

Banowati, Suhandini & Yatmiko. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Primary Education. 4(2):77-84

Dadang, Sudjarwo, & Pargito. 2014. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Untuk Pengalaman Nilai Moral Siswa. Tesis. Pascasarjana Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Kaimunddin. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu. 14(1). Universitas Negeri Makassar: Indonesia.

Kemendikbud. 2017. Diktat Pedoman & Konsep Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Mansur. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Di Satuan Pendidikan. Artikel LPMP:2355-3189. Widyaiswara:Sulawesi Selatan

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta:BPMIGAS

Putri, Noviani. Achmad. 2011. Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas. 2(3):205-215. Universitas Negeri Semarang: Indonesia

Pramono, Suwito. Eko. 2013. Hakikat Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Semarang: Widya Karya

Rachman, Maman. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Moral dalam Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Campuran, Tindakan dan Pengembangan. Semarang: UNNES Press

Raman, La. 2014. Pendidikan Karakter Siswa 1 SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah 1 Kecamatan Tidore. Jurnal Harmoni Sosial. 1(1). IPS: Universitas Negeri Yogyakarta

Ramdhani, Muhammad. 2014. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan. 8(01):28-37. Universitas Garut: Indonesia

Setyowati, D.L., Juhadi, & Saddam. 2016. Integrasi Nilai-nilai Konservasi dalam Habituasi Kampus untuk Pembentukan Kepribadian Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Journal of Educational Social Studies. 5(2):128-135

Setyowati, D.L., Wasino, & Nowo. 2018. Implementation of Character Education through Nationality Historical Learning in SMK Negeri Karangdadap Pekalongan Regency. Journal of Educational Social Studies. 7(1):59-64

Sofli. 2014. Peningkatan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran IPS Terpadu Model Nested di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul. Jurnal Harmoni Sosial.1(1). Pendidikan IPS: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sri, Minda. 2017. Sikap dan Tindakan Berkarakter Siswa di Pesisir dan PerKecamatanan Labura Rendah.Utama News.Labura.6 November.Hlm.01

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sunarjan. 2014. Survival Strategy Komunitas Makam Gunung Brintik Semarang. Acces on http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9266 tanggal 01 Agustus 2018

Suyahmo. 2014. Filsafat Pancasila. Semarang: Magnum Pustaka Utama.

Syamsudin, Amir. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Evaluasi Kurikulum. Diunduh di http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/.htm tanggal 31 Juli 2018

Zarkasi, Taqiudin. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Al-Muta’aliyah STAI DaruL Kamal NW Kembang Kerang. 1.(3):2502-2474. STAI: Lombok Timur




DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i1.18374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Integralistik

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @ 2018 Universitas Negeri Semarang. All rights reserved.
View Integralistik Stats