RUMAH PUSPO BUDAYA NUSANTARA SEBAGAI PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TARI NUSANTARA

Eko Digdoyo

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian adalah turut serta memublikasikan keragaman budaya nusantara, sebagai model penyelenggaraan pendidikan karakter bagi anak dan remaja berbasis budaya kearifan lokal. Kajian ini menunjukkan melalui pesan moral seni tari perlu ditranformasikan dan diimplementasikan baik pada substansi maupun model pembelajaran yang mengakui dan menghormati keanekaragaman dan karakter budaya di masyarakat. Rumah Puspo Budaya Nusantara telah memiliki andil dalam mencerdasakan kehidupan bangsa melalui model pendidikan karakter anak dan remaja khususnya melalui ketrampilan seni tari nusantara. Hal ini terbukti melalui fasilitas yang dimiliki Rumah Puspo Budaya Nusantara senantiasa terbuka untuk umum bagi pegiat seni budaya. Eksistensi Rumah Puspo Budaya Nusantara melalui pendidikan informal maupun formal yang diselenggarakan dapat dikatakan mampu membentuk karakter anak dan remaja. Secara sadar maupun tidak sadar, pendidikan karakter mengacu pada; etika, moral, nilai, religius, budi pekerti, dan pendidikan karakter itu sendiri. Untuk itu, pendidikan baik formal, informal, dan non-formal pada hakekatnya memiliki dua tujuan, yaitu membantu manusia untuk menjadi cerdas dan pintar (smart), dan membantu menjadi manusia yang baik (good).

 


Keywords


Budaya; pendidikan Karakter; tari nusantara

Full Text:

PDF PDF

References


Agustian, Ary Ginanjar. 2007. ESQ:

Emotional, Spiritual Quotient.

Jakarta: Penerbit Arga

Budimansyah, Dasim. 2011. Pendidikan

Karakter; Nilai Inti bagi upaya

Pembinaan Kepribadian Bangsa.

Bandung: Widaya Aksara Press.

Creswell, J. W. 2010. Designing and

Conducting Mixed Methods

Research. Thousand Oak: Sage

Publication Inc.

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Bagian I:

Pendidikan. Yogyakarta: Majelis

Luhur Persatuan Taman Siswa.

Elmubarok, Z. 2008. Membumikan

Pendidikan Nilai. Bandung:

Alfabeta.

Gunawan, Heri. 2012 Pendidikan

Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Gustur Kesuma. 2012. Pendidikan Karakter: Tujuan Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hamidi. 2004. Metode Penelitian

Kualitatif-Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Pres

Haviland, William. A. 1993. Antropologi

Jilid 1-2. Jakarta: Erlangga

Herusatoto, Budiono. 2001. Simbolisme

Budaya Jawa. Yogyakarta:

Hanindita

Kemendiknas. 2010. Pengembangan

Pendidikan Budaya dan Karakter

Bangsa, Pedoman Sekolah.

Jakarta: Kemendiknas.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter

Bangsa. Jakarta: Balitbang

Puskum.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2011.

Pedoman Pelaksanaan Pendidikan

Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan

Rintisan). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Koentjaraningrat. 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

______________. 1989. Manusia dan

Kebudayaan di Indonesia. Jakarta:

Djambatan.

Koesoema, Doni A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Kotter, John P. & Heskett, James L. 1998.

Corporate Culture and

Performance. Terjemahan Benyamin Molan. Jakarta: PT Prehalindo.

Kuntowijoyo. 1995. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana

Lickona, Thomas. 2015. Educating for

Character; Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, T. 1987. Character Development in the Family. Dalam. Ryan, K. &

McLean, G.F. Character development in schools and beyond: 253-273. New York: Praeger.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character. New York: Bantam Book.

Kemdiknas. 2010. Laporan Sarasehan

Nasional Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (tidak diterbitkan), Hotel Bumikarsa, Kompleks Bidakara. Jakarta: Kemdiknas.

Megawangi, Ratna. 2007. Character

Parenting Space. Publishing House Bandung: Mizan.

Mering, Ngo. 2002. Kemajemukan dan

Keanekaragaman: Menggagas Transformasi Konflik Sosial dan Politik. Jakarta: Yayasan Sains Estetika dan Teknologi.

Miles dan Huberman. 2010. Qualitative Data Analysis. United States of Amerika: SAGE Publications.

Ndraha, Taliziduhu. 1997. Budaya Organisasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nuraeni, Heny Gustini. 2013. Studi Budaya di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia

Zuriah, Nurul dkk. 201. Pendidikan

Karakter Berbasis Budaya Akademik, Religius Manusiawi. Malang: UMM Press

Rakhmat, Cece. 2015. Menyemai Pendidikan Karakter Berbasis

Budaya dalam Menghadapi

Tantangan Modernisasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional di Institut Hindu Dharma Negeri, Bali.

Ranjabar, Jacobus. 2006. Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia

Samani, M. dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan

Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tilaar, H. A. R. 1999. Pendidikan,

Kebudayaan, dan Masyarakat

Madani Indonesia, Strategi

Reformasi Pendidikan Nasional.

Bandung: Remaja Rosdakarya

Tilaar, H. A. R. 2002. Pendidikan,

Kebudayaan dan Masyarakat

Madani Indonesia. Jakarta:

Remaja Rosdakarya.

Vikas, Gora. 2011. Humanist Education in

Developing Countries. Rotterdam:

Sense Publishers.

Yusdi, Ahmad. 2008. Manusia Sebagai

Makluk Budaya. Makalah dalam

Pelatihan Nasional Dosen MBB,

Surabaya: Kemendikbud

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan

Karakter (Konsepsi dan

Aplikasinya dalam Lembaga

Pendidikan). Jakarta: Penerbit Kencana.

Budimansyah, D. 2007. Pendidikan Demokrasi Sebagai Konteks Civic

Education di Negara-negara Berkembang, Jurnal Acta Civicus, Vol.1 No.1, hlm.11-26.

Depdiknas. 2003. Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Dokumentasi Depdiknas.

Djazifah. Nur ER, Mulyadi, dan S. Wisni Septiarti. Analisis Implementasi Pendidikan Berbasis Budaya pada Lembaga Pendidikan Non-Formal di daerah Istimewa Yogyakarta.

JURNAL PENELITIAN ILMU

PENDIDIKAN, Volume 8, Nomor

, September 2015. Universitas Berbasis Budaya Lokal (Studi

Negeri Yogyakarta. Hal. 28-38 Kasus Pada SMA Negeri 1 Wera

Kertajaya, Hermawan. 2017. Kab. Bima). Jurnal PPKn Jakultas

Implementasi Pendidikan Karakter Ilmu Sosial Universitas Negeri

Berbasis Masyarakat pada Malang. Hal 35-45

Kegiatan Student Exchange SD Sultoni, Achmad. 2016. Pendidikan

Muhammadiyah Paesan Karakter dan Kemajuan Negara:

Pekalongan. Jurnal Pendidikan Studi Perbandingan Lintas Negara.

Agama Islam -Ta’lim Vol. 15 No. JOIES: Journal of Islamic

Universitas Muhammadiyah Education Studies. Universitas

Purworejo, hal. 115-119 Negeri Malang. Volume 1, Nomor

Kompas, 29 Maret 2014 1, Juni 2016; p-ISSN 2540-8070,

Kompas, 19 April 2014 e-ISSN 2541-173X. Hal. 185-207

Nur, Haerani. 2013. Membangun Karakter Suyitno, Imam. 2012. Pengembangan

Anak Melalui Permainan Anak Pendidikan Karakter dan Budaya

Tradisional. Jurnal Pendidikan Bangsa Berwawasan Kearifan

Karakter, Tahun III, Nomor 1, Lokal. Jurnal Pendidikan

Februari 2013. FP Universitas Karakter, FBS Universitas Negeri

Negeri Makassar. Hal. 87-103 Malang. Tahun II, Nomor 1,

Nuraini, Intan. dan A. Aco Agus. 2012. Februari 2012. Hal. 1-13

Penerapan Pendidikan Karakter

Agustian, Ary Ginanjar. 2007. ESQ:

Emotional, Spiritual Quotient.

Jakarta: Penerbit Arga

Budimansyah, Dasim. 2011. Pendidikan

Karakter; Nilai Inti bagi upaya

Pembinaan Kepribadian Bangsa.

Bandung: Widaya Aksara Press.

Creswell, J. W. 2010. Designing and

Conducting Mixed Methods

Research. Thousand Oak: Sage

Publication Inc.

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Bagian I:

Pendidikan. Yogyakarta: Majelis

Luhur Persatuan Taman Siswa.

Elmubarok, Z. 2008. Membumikan

Pendidikan Nilai. Bandung:

Alfabeta.

Gunawan, Heri. 2012 Pendidikan

Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Gustur Kesuma. 2012. Pendidikan Karakter: Tujuan Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hamidi. 2004. Metode Penelitian

Kualitatif-Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Pres

Haviland, William. A. 1993. Antropologi

Jilid 1-2. Jakarta: Erlangga

Herusatoto, Budiono. 2001. Simbolisme

Budaya Jawa. Yogyakarta:

Hanindita

Kemendiknas. 2010. Pengembangan

Pendidikan Budaya dan Karakter

Bangsa, Pedoman Sekolah.

Jakarta: Kemendiknas.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter

Bangsa. Jakarta: Balitbang

Puskum.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2011.

Pedoman Pelaksanaan Pendidikan

Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan

Rintisan). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Koentjaraningrat. 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

______________. 1989. Manusia dan

Kebudayaan di Indonesia. Jakarta:

Djambatan.

Koesoema, Doni A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Kotter, John P. & Heskett, James L. 1998.

Corporate Culture and

Performance. Terjemahan Benyamin Molan. Jakarta: PT Prehalindo.

Kuntowijoyo. 1995. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana

Lickona, Thomas. 2015. Educating for

Character; Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, T. 1987. Character Development in the Family. Dalam. Ryan, K. &

McLean, G.F. Character development in schools and beyond: 253-273. New York: Praeger.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character. New York: Bantam Book.

Kemdiknas. 2010. Laporan Sarasehan

Nasional Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (tidak diterbitkan), Hotel Bumikarsa, Kompleks Bidakara. Jakarta: Kemdiknas.

Megawangi, Ratna. 2007. Character

Parenting Space. Publishing House Bandung: Mizan.

Mering, Ngo. 2002. Kemajemukan dan

Keanekaragaman: Menggagas Transformasi Konflik Sosial dan Politik. Jakarta: Yayasan Sains Estetika dan Teknologi.

Miles dan Huberman. 2010. Qualitative Data Analysis. United States of Amerika: SAGE Publications.

Ndraha, Taliziduhu. 1997. Budaya Organisasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nuraeni, Heny Gustini. 2013. Studi Budaya di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia

Zuriah, Nurul dkk. 201. Pendidikan

Karakter Berbasis Budaya Akademik, Religius Manusiawi. Malang: UMM Press

Rakhmat, Cece. 2015. Menyemai Pendidikan Karakter Berbasis

Budaya dalam Menghadapi

Tantangan Modernisasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional di Institut Hindu Dharma Negeri, Bali.

Ranjabar, Jacobus. 2006. Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia

Samani, M. dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan

Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tilaar, H. A. R. 1999. Pendidikan,

Kebudayaan, dan Masyarakat

Madani Indonesia, Strategi

Reformasi Pendidikan Nasional.

Bandung: Remaja Rosdakarya

Tilaar, H. A. R. 2002. Pendidikan,

Kebudayaan dan Masyarakat

Madani Indonesia. Jakarta:

Remaja Rosdakarya.

Vikas, Gora. 2011. Humanist Education in

Developing Countries. Rotterdam:

Sense Publishers.

Yusdi, Ahmad. 2008. Manusia Sebagai

Makluk Budaya. Makalah dalam

Pelatihan Nasional Dosen MBB,

Surabaya: Kemendikbud

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan

Karakter (Konsepsi dan

Aplikasinya dalam Lembaga

Pendidikan). Jakarta: Penerbit Kencana.

Budimansyah, D. 2007. Pendidikan Demokrasi Sebagai Konteks Civic

Education di Negara-negara Berkembang, Jurnal Acta Civicus, Vol.1 No.1, hlm.11-26.

Depdiknas. 2003. Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Dokumentasi Depdiknas.

Djazifah. Nur ER, Mulyadi, dan S. Wisni Septiarti. Analisis Implementasi Pendidikan Berbasis Budaya pada Lembaga Pendidikan Non-Formal di daerah Istimewa Yogyakarta.

JURNAL PENELITIAN ILMU

PENDIDIKAN, Volume 8, Nomor 98

, September 2015. Universitas Berbasis Budaya Lokal (Studi

Negeri Yogyakarta. Hal. 28-38 Kasus Pada SMA Negeri 1 Wera

Kertajaya, Hermawan. 2017. Kab. Bima). Jurnal PPKn Jakultas

Implementasi Pendidikan Karakter Ilmu Sosial Universitas Negeri

Berbasis Masyarakat pada Malang. Hal 35-45

Kegiatan Student Exchange SD Sultoni, Achmad. 2016. Pendidikan

Muhammadiyah Paesan Karakter dan Kemajuan Negara:

Pekalongan. Jurnal Pendidikan Studi Perbandingan Lintas Negara.

Agama Islam -Ta’lim Vol. 15 No. JOIES: Journal of Islamic

Universitas Muhammadiyah Education Studies. Universitas

Purworejo, hal. 115-119 Negeri Malang. Volume 1, Nomor

Kompas, 29 Maret 2014 1, Juni 2016; p-ISSN 2540-8070,

Kompas, 19 April 2014 e-ISSN 2541-173X. Hal. 185-207

Nur, Haerani. 2013. Membangun Karakter Suyitno, Imam. 2012. Pengembangan

Anak Melalui Permainan Anak Pendidikan Karakter dan Budaya

Tradisional. Jurnal Pendidikan Bangsa Berwawasan Kearifan

Karakter, Tahun III, Nomor 1, Lokal. Jurnal Pendidikan

Februari 2013. FP Universitas Karakter, FBS Universitas Negeri

Negeri Makassar. Hal. 87-103 Malang. Tahun II, Nomor 1,

Nuraini, Intan. dan A. Aco Agus. 2012. Februari 2012. Hal. 1-13

Penerapan Pendidikan Karakter




DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i1.20778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Integralistik

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @ 2018 Universitas Negeri Semarang. All rights reserved.
View Integralistik Stats