Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match pada Mata Pelajaran PPKn di MTsN 3 Ponorogo

Sri - Harmanti(1), Sulton - -(2), Ambiro Puji Asmaroini(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(2) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(3) 

Abstract

PPKn memuat materi sosial bersifat hafalan. Sifat pelajaran PPKn tersebut membawa konsekuensi guru menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran make a match merupakan cara yang efektif dalam proses pembelajaran PPKn MTs Kelas VIII. Tujuan penelitian untuk memahai penggunaan model pembelajaran Make a match dan untuk memahami kelebihan penggunaan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran PPKn di MTsN 3 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Make a Match dan mendeskrpsikan kelebihan penggunaan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran PPKn di MTsN 3 Ponorogo. Hasil dan pembahasa menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match langkah-langkahnya: guru menyiapkan kartu berjumlah 11 kartu soal dan 11 kartu jawaban dengan materi makna hubungan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Proklamasi Kemerdekaan. Kemudian siswa mendapatkan satu buah kartu. Siswa memikirkan kartu yang diperoleh kemudian mencari pasangannya yang cocok dengan kartunya. Semua siswa mampu menemukan pasangannya dan mendapatkan nilai 100. Dan yang terakhir, guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran secara bersama-sama. Adapun untuk kelebihan model pembeajaran make a match yaitu menumbuhkan suasana kegembiraan siswa dalam proses pembelajaran, terwujudnya kerja sama di dalam kelas dan munculnya dinamika gotong rotong siswa kels VIII B seluruhnya.

Keywords

Model Pembelajaran Make a Match, PPKn, Guru, Siswa

References

Anggarawati, I, G, A, A. MG, Rini, Kristiantari. & Asri, I, G, A, Agung, Sri. (2014). Pengaruh Make a Match berbantuan Media Kartu Gambar terhadap Hasil Belajar IPS SD. Universitas Pendidikan Ganesha: Jurnal Mimbar PGSD Vol. 2 No. 1 Tahun 2014

Aliputri, Dhestha, Hazilla. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Kartu Menggambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Universitas Kanjuruhan Malang: Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) Vol. 2 No. 1A April 2018

Baharuddin. & Wahyuni, Esa, Nur. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Deschuri, Cani. Kurnia, Dadang. & Gusrayani, Diah. (2016). Penerapan Model Kooperatif Teknik Make a Match dengan Media Kartu Klop untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam Buatan.Universitas Pendidikan Indonesia: Jurnal Pena Ilmiah Vol. 1 No. 1 2016

Fathurrohman, Pupuh. & Sutikno, Sobry. (2017). Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam. Bandung: PT Refika Aditama

Moleong, Lexy, J. 2007.Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 tentang KI KD Kurikulum 2013 SMP/MTs

Priansa, Donni, Juni. (2017). Pengembangan Strategi & Model pembelajaran Inovatif, kreatif, dan presentatif dalam memahami peserta didik. Bandung: CV Pustaka Setia

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz media

Sumiyati, Elfa. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI pada Pelajaran PKn SD Negeri 09 Kabawetan. Universitas Bengkulu: Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10 (2) 2017. Hal 66-72

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun tahun 2005 tentang guru dan dosen,

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wiyono, Bambang, Budi. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research) Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats