Upaya Meningkatkan Pemahaman Epistemologis Pancasila di Perguruan Tinggi

Danang Prasetyo, Hastangka Hastangka

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksplorasi dan pemetaan mahasiswa dalam memahami Pancasila. Fokus perhatian dalam kajian dan penelitian ini diarahkan pada pemikiran dan pandangan mahasiswa melalui studi kasus pada mahasiswa di mata kuliah Pendidikan Pancasila. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa tentang Pancasila memiliki dasar-dasar epistemologis yang benar setelah mengalami proses pembiasaan membaca sumber bacaan berupa buku bahan ajar, buku teks, jurnal, penelitian ilmiah, dan artikel media massa tentang Pancasila. Setelah mahasiswa melalukan pencarian informasi, proses perkuliahan dilaksankan dengan model pembelajaran roleplay untuk mensimulasikan proses pengusulan, perumusan, dan pengesahan Pancasila sebagai dasar negara. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diminta menguraikan tentang makna dan pengertian Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia dengan menggunakan gaya bahasanya sendiri. Hasil proses pembelajaran ini dapat mendorong mahasiswa mampu berfikir secara tepat dalam memaknai dan memahami arti penting Pancasila sebagai dasar negara sekaligus ideologi bangsa. Upaya meningkatkan pemahaman tentang Pancasila menjadi penting bagi mahasiswa sebagai proses pembentukan karakter bangsa. 


Keywords


improve understanding; epistemological pancasila; university.

Full Text:

PDF

References


Agus, A. A. (2016). Relevansi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka di Era Reformasi. Jurnal Office, Vol. 2 No.2, 2016, hal 229-138.

Creswell, J.W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan. (Terjemahan Ahmad Lintang Lazuardi). London: Sage Publication, Ltd.

Creswell, J.W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. (Terjemahan Achmad Fawaid & Rianayati Kusmini Pancasari). London: Sage Publication, Ltd.

Dirjen Belmawa Kemenristek Dikti. (2016). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Pancasila. Jakarta: Belmawa Kemenristek Dikti RI.

Eleanora, F.N, Sari, A. (2019). Relevansi Pendidkan Pancasila dan Potret Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Civic Hukum. Volume 4, Nomor 2, November 2019.

Fauzi, A. dkk. (1981). Pancasila ditinjau dari segi historis, segi yuridis konstitusional, dan segi filosofis, Malang: Lembaga Penerbitan Universitas Brawijaya.

Hadiwijono, A. 2016. Pendidikan Pancasila, Eksistensinya Bagi Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Hukum, Vol.7, No.1 Juni 2016, hlm. 82–97.

Hatta, Mohammad, dkk. (1980). Uraian Pancasila. Jakarta: Mutiara.

Hidayah, Y. dkk. (2019). Analisis Pendekatan Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Umum Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, pp.22-23.

Ketetapan MPR RI Nomor II/MPR/1978 tentang Eka Prasetya Pancakarsa.

Kristiono, N. Penguatan Ideologi Pancasila di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Jurnal HARMONY IPS PKn, VOL.2 NO. 2, hal 193-204.

Latif, Y. (2016). Pancasila Sebagai Norma Dasar Negara: Implikasinya terhadap Perumusan Konstitusi. https://www.bphn.go.id/data/documents/yudi_ latif_pancasila_sebagai_norma_dasar_negara.pdf. (Diakses pada tanggal 25 Juli 2020 pukul 19.00).

Marbawi, M. (2018). Penguatan Ideologi Pancasila dalam Pendidikan. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Vol. 6, No. 2, Juni-Desember 2018, hal 159-170.

Miles, M.B. & A.M. Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Musarovah, E. (2017). Pemantapan Nilai-Nilai Pancasila Kepada Generasi Muda Sebagai Jati Diri Bangsa Yang Sejati. WIRA: Media Informasi Kementerian Pertahanan. Edisi September-Oktober 2017, Volume 68/ Nomor 52, hal 6-11.

Narmoatmojo, W. (2017). Implementasi Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia. Makalah disajikan untuk Seminar Nasional dan Musyawarah Wilayah AP3KnI Jateng, tanggal 25 Nopember 2017 di Surakarta. https://ppkn.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/Implementasi-PS-melalui-PKn_AP3KnI-2017.pdf. (Diakses pada tanggal 25 Juli 2020 pukul 19.00).

Pradana, Yudha. (2019). Mengelaborasi Pemahaman Terhadap Pancasila, UCEJ, Vol. 4 No. 2, Desember 2019, Hal. 209-218.

Putra, Zulfikra. (2018). Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Character Building Mahasiswa di Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 1, No. 1 Tahun 2018, Hal. 9-13.




DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v32i2.25734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Integralistik

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @ 2018 Universitas Negeri Semarang. All rights reserved.
View Integralistik Stats