Implementasi Pendidikan Karakter dalam Perkuliahan di Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada Masa Covid-19

Ambiro Puji Asmaroini(1), Prihma Sinta Utami(2), Hadi Cahyono(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(2) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(3) Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam perkuliahan di Prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik kuisioner, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian, dari 18 nilai karakter yang telah disampaikan oleh pusat kurikulum dan hampir seluruhnya dilaksanakan dalam proses pembelajaran di prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada pembelajaran daring. Terdapat 14 nilai karakter yang telah disampaikan oleh pusat kurikulum dan hampir seluruhnya dilaksanakan dalam proses pembelajaran di prodi PPKn Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada pembelajaran daring. Adapun nilai-nilai karakter tersebut adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Semua nilai-nilai karakter tersebut terwujud pada saat dilaksanakannya pembelajaran secara daring, pada saat mahasiswa mengikuti kegiatan perkuliahan bersama dosen, baik menggunakan aplikasi google meet, zoom, whatsapp group, maupun menggunakan akun e learning Universitas Muhammadiyah Ponorogo yaitu bebas.umpo.ac.id.

Keywords

Pendidikan karakter, nilai-nilai karakter, ovid-19, pembelajaran PPKn

Full Text:

PDF

References

Adminonline. 2019. Pendidikan di Indonesia Masih Kurang Memperhatikan Perilaku Siswa. Pertamina inionlne.id edisi 17 Februari 2019

Ahmad, D. Marimba. 1981. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam.

Depdiknas. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Efianingrum, A. 2007. Kultur Sekolah yang Kondusif bagi Pengembangan Moral Siswa, Dinamika Pendidikan, 1(15), pp: 45-59.

Farisa, Fitria, Chusna. 2020. Jokowi: Vaksinasi Covid-19 Digelar Pertengahan Januari 2021 (Ed. Icha Rastika). Kompas.com Edisi 31 Desember 2020

Hasanah. 2013. Implementasi Nilai-Nilai Karakter Inti di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karakter, III(2) Juni 2013.

Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 perihal Pembelajaran secara Daring dan Bekerja Dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid 19)

Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 302/E.E2/KR/2020 perihal masa belajar penyelenggaraan program pendidikan.

Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi secara terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Kurnia, Tommy. 2020. Kasus Virus Corona Covid-19 Indonesia Kini Peringkat 2 Asia-Pasifik. Liputan 6 edisi 29 Desember 2020.

Moleong, Lexy, J. 2007.Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muchtarom, Moh. 2017. Pendidikan Karakter Bagi Warga Negara Sebagai Upaya Mengembangakan Good Citizen. Jurnal PKn Progresif, 12(1), pp:543-552. Doi:10.15804/tner.2016.43.1.12.

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tanggal 6 September 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional.

Pusat Kurikulum. 2009. Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa:Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemendiknas

Republika. 2015. Pentingnya Pembangunan Karakter di Perguruan Tinggi (Ed. Muhammad Iqbal). Koran Republika online, Jumat, 20 Maret 2015 pukul 14.00 WIB.

Rizal, Jawahir, Gustav. 2021. Simak 3 Gejala Baru Covid-19, dari Anosmia hingga Parosmia (Ed. Sari Hardiyanto). Koran Kompas Edisi 5 Januari 2021 pukul 19:35 WIB.

Samrin, 2016. Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai), Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), pp: 120-143.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Wiyono, Bambang, Budi. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research) Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats