Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Sirri’ Na Pacce melalui Strategi Inkuiri pada Pembelajaran PPKn SMA

Muhajir Muhajir

Abstract


Pendidikan karakter merupakan isu urgen yang harus terintegrasi dalam setiap kegiatan pembelajaran terutama pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn). Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk menganalisis Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Sirri’ Na Pacce melalui Strategi Inkuiri Pada Pembelajaran PPKn SMA. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model ADDIE dan akan dilaksanakan di dua (2) sekolah yakni SMAN 2 Gowa dan SMAN 4 Takalar yang dipilih secara purposive dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif secara berkesinambungan guna mengetahui realitas proses pembelajaran PPKn. Hasil penelitian menunjukan bahwa internalisasi nilai-nilai karakter Sirri’ Na Pacce melalui strategi Inkuiri pada pembelajaran PPKn di SMA dilakukan melalui lima tahapan yakni; Tahap Orientasi, Tahap Merumuskan Masalah, Tahap Merumuskan Hipotesis, Tahap Mengumpulkan Data, Tahap Menguji Hipotesis, Tahap Merumuskan kesimpulan. Pada tahapan awal guru mengarahkan siswa berpikir pemecahan masalah yang berkaitan dengan pelanggaran nilai-nilai Sirri Na Pacce dan kemudian membimbing siswa untuk mengikuti tahapan tersebut. Pada akhir tahapan guru menyimpulkan bersama siswa agar tidak terjadi perbedaan penafsiran nilai. Adapun nilai-nilai Sirri’ Na Pacce yang di internalisasikan adalah Harga diri, Malu, Teguh Pendirian, Tepat Janji, Setia, Jujur.

Keywords


Internalisasi; Nilai-Nilai Karakter; Siri’ Na Pacce; Strategi Inkuiri; PPKn

Full Text:

PDF

References


Colburn, A. (2000). An Inquiry Primer. Science Scope, 42-44.

Dodd, A. (1992). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Gay, G. (2013). Teaching To and Through Cultural Diversity. Curriculum Inquiry, 48-70.

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia. Jakarta.

Muhajir, Bundu, P., & Ahmad, A. (2018). Inquiry Learning Strategy to Improve Student's Critical Thinking Skills. Journal of Research and Method in Education (JRME), 42-46.

Muhdina, D. (2015). Kerukunan Umat Beragama Berbasis Kearifan Lokal di Kota Makassar. Diskursus Islam, 20-36.

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Design and Development Research. New York: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Rohendi, E. (2016). Pendidikan Karakter di Sekolah. EduHumaniora.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yuliantoro, T. (2015). Indigenous Constitution Dalam Perspektif Ketatanegaraan dan Fikih Minoritas. IN RIGHT, 457-512.




DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v33i1.26956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Integralistik

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats