Analisis Partisipasi Penyandang Disabilitas Dalam Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Gunungkidul

Risma Wira Bharata, Utpala Rani, Nuwun Priyono, Ivo Novitaningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis partisipasi atau keterlibatan dari penyandang disabilitas dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Gunungkidul. Penelitian dilakukan terhadap kelompok penyandang disabilitas dan organisasi perangkat daerah di kabupaten Gunungkidul. Kuesioner didistribusikan kepada responden sebagai teknik pengumpulan data, sedangkan teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian responden dari penyandang disabilitas mengusulkan ketersediaan sarana dan prasana yang dapat diakses oleh para penyandang disabilitas. Selain itu, pemberdayaan ekonomi para penyandang disabilitas juga menjadi usulan yang cukup banyak disebutkan para responden. Lebih lanjut, hasil penelitian memberikan implikasi bagi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk meningkatkan keterlibatan dari para penyandang disabilitas dalam perencanaan pembangunan daerah. Hal tersebut diperlukan karena keterlibatan para penyandang disabilitas masih belum efektif untuk mengakomodasi kebutuhan mereka.

Keywords


Perencanaan; Pembangunan; Partisipasi Disabilitas

Full Text:

PDF PDF

References


Arifah, D. (2012). Praktek Teori Agensi pada Entitas Publik dan Nonpublik. Prestasi, 9(1), 85–95.

Azhar, F. (2015). Partisipasi Masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Pegirian Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(2).

Bharata, R. W., Pramudyastuti, O., & Sunaningsih, S. (2020). Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi, 11(1).

Bharata, R. W., & Priyono, N. (2019). Badan Layanan Umum Sebagai Sebuah Entitas Akuntansi Sektor Publik. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Untidar.

Fadil, F. (2013). Partisipasi Masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kelurahan Kota Baru Tengah. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintah Lokal, 2(2).

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lestari, E. Y., Sumarto, S., & Isdaryanto, N. (2017). Pemenuhan Hak Bagi Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Semarang Melalui Implementasi Convention on the Rights of Persons With Disabillities (CPRD) Dalam Bidang Pendidikan. Integralistik, 1(27), 1–9.

Putranto, A. (2012). Pengaruh Moderasi Informasi Asimetri dan Group Cohesiveness Terhadap Hubungan Partisipasi Anggaran dan Budgetary Slack. Jurnal Economica, 8(2).

Setyaningsih, R., & Gutama, T. A. (2016). Pengembangan Kemandirian Bagi Kamu Difabel (Studi Kasus pada Peran Paguyuban Sehati dalam Upaya Pengembangan Kemandirian bagi Kaum Difabel di Kabupaten Sukoharjo). Jurnal Sosiologi DILEMA, 31(1), 42–52.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wiratno, B. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 28–34. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i26.874




DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v32i2.28818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Integralistik

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats